Sosial

Meski Terlambat, Deklarasi Pilkada Damai di Abdya Meriah

ACEHTERKINI.COM | Meski pelaksanaan Deklarasi Pilkada Damai di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, namun pihak Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat telah berupaya semaksimal mungkin agar Deklarasi Pilkada Berintegritas dan Damai di Abdya berjalan aman dan lancar serta meriah.

Hal itu disebabkan, karena KIP harus menunggu hadirnya pihak KPU dan Bawaslu RI ke Abdya. Meskipun begitu KIP dan Bawaslu provinsi Aceh telah mewakili KPU dan bawaslu RI untuk hadir dalam acara Deklarasi Pilkada Berintegritas dan Damai Bupati dan Wakil Bupati Abdya di Lapangan Bola Kaki, Desa Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, Kabupaten setempat, Selasa (14/12/2016).

Meski Terlambat, Deklarasi Pilkada Damai di Abdya Meriah
Deklarasi Pilkada Damai di Abdya

Ketua KIP Abdya Elfiza SH MH, dalam laporan singkatnya mengemukakan permohonan maaf atas keterlambatan pelaksanaan acara Deklarasi Pilkada Damai di Abdya. Dimana, pihaknya telah bersusah payah untuk menghadirkan perwakilan dari KPU dan Bawaslu RI ke Abdya.

“Mekipun tanpa dihadiri Ketua KPU dan Bawaslu RI, namun acara ini tetap meriah dengan hadirnya perwakilan dari KPU dan Bawaslu dalam hal ini Ketua Panwaslih Provinsi Aceh,” sebutnya.

Disamping itu, Elfiza berjanji akan memastikan kalau Formulir C1 dapat diterima lansung oleh masing-masing Kandidat setelah perhitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). Dimana, tujuannya agar menghindari isu kalau KIP Abdya tidak netral dalam Pilkada.

“Formulir C1 akan kita serahkan lansung kepada masing-masing Kandidat usai perhitungan suara di TPS masing-masing desa dalam Kabupaten Abdya,” janji Elfiza..

Sementara itu, mewakili KIP Aceh, Muhammad, menyampaikan, bahwa Deklarasi Pilkada Damai ini bertujuan untuk pelaksanaan Pilkada di Aceh dan khususnya Abdya, supaya damai dan berintegritas. Para ke 10 kandidat dapat merebut suara sebanyak-banyaknya di Abdya dengan catatan secara sehat dan tidak saling menjatuhkan antar Kandidat

Meski Terlambat, Deklarasi Pilkada Damai di Abdya Meriah
Deklarasi Pilkada Damai di Abdya

Disisi lain, Ketua Panwaslih Aceh, Samsul Bahri SE MM, menyampaikan, Deklarasi Pilkada Damai berintegritas bukan hanya sekedar slogan saja melainkan benar-benar diterapkan agar pelaksanaan Pilkada aman dan lancar.

“Kami dari Panwaslih Aceh akan membackup apabila terjadi permasalahan dilapangan, karena kami akan memerintahkan Panwaslih Abdya untuk menindaklanjuti setiap laporan permasalahan terkait dengan Pilkada,” tuturnya singkat.

Masih dengan tema Pilkada Damai, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin mengemukakan, pelaksanaan Pilkada merupakan tanggung jawab KIP dan Panwaslih, namun pemerintah juga tidak kalah pentingnya dalam menjaga Pilkada di Abdya aman dan damai.

“Semoga saja Abdya memperoleh pemimpin yang berintegritas tinggi untuk mensejahterakan Abdya,” ungkapnya.

“Saya juga mengharapkan kepada para masing-masing kandidat agar siap kalah. Untuk itu mari kita bersama-sama menjaga perdamaian agar Pilkada di Abdya sukses,” demikian sambung Bupati Jufri.

Amatan dilapangan, acara itu juga turut dihadiri, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Puji Hartono Kapolres Abdya, AKBP Hairajadi, Kasi Intel Kejari Abdya Dasril SH, Ketua DPRK Abdya Zulkifli Isa, Katua Panwaslih Abdya Idris SHi, Ketua MPU Abdya Tgk. Muhammad Dahlan, Para tokoh agama, masyarakat dan adat, 10 pasangan Kandidat dan para pendukung masing-masing Kandidat.

Acara dilanjut dengan Pembacaan Ikrar Pilkada Damai yang dipandu Ketua KIP Abdya Elfiza SH MH, kemudian, Penandatangan prasasti Deklarasi Pilkada Berintegritas dan Damai dipandu oleh Sdr. Fakhri A. Rahim dan Pelepasan Balon Pilkada Damai, dilanjut dengan Menyanyikan lagu Mars Abdya oleh Drumband SMA N 1 Blangpidie. Terakhir Tausiah Deklarasi Pilkada Damai Abdya tahun 2017 oleh Ketua MPU Abdya Tgk. Muhammad Dahlan. (Rizal)

To Top