Sosial

Keluara besar Aceh-Banten Siapkan sejumlah paket bantuan untuk korban gempa bumi Aceh

ACEHTERKINI.COM | Petugas PMI Banten menyiapkan sejumlah paket bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi Aceh di Serang, Banten, Rabu (712). Untuk membantu para korban gempa bumi di Aceh PMI Banten akan segera mengirimkan bantuan seberat 1,3 ton terdiri dari 1.000 terpal, 1.500 paket kelengkapan balita, paket obat-obatan untuk 500 puskesmas serta 1.200 kantorng mayat. ( ant/Asep Fathulrahman )

PMI Banten Siapkan sejumlah paket bantuan untuk korban gempa bumi Aceh
( beritasore.com/acehterkini.com)

Serang ( Berita ) : Ikatan Keluarga Besar Masyarakat Aceh di Banten (Ikamaban) prihatin atas musibah gempa bumi 6,5 SR yang terjadi di Pidie Jaya, Nangroe Aceh Darusalam (NAD), hingga melakukan penggalangan dana untuk membantu korban gempa.

“Kami prihatin dengan kejadian gempa di Pidie. Saudara-saudara kita tadi subuh terkena musibah, mudah-mudahan mereka kuat dan sabar menghadapi semua. Dan malam ini kita akan berkumpul di Cilegon untuk melakukan penggalangan dana,”kata Sekretaris Umum Ikamaban, Mahdani di Serang, Rabu [07/12].

Ia menjelaskan, upaya penggalangan dana yang dilakukan oleh Ikamaban adalah salah satu bentuk usaha untuk memberikan suport dan dukungan kepada masyarakat di Pidie Jaya. “Selain menggalang dana, kita juga akan akan melakukan istighosah. Kalau tidak di Cilegon, kita lakukan di Balaraja, Kabupaten Tangerang,”kata Mahdani.

Sementara Penasehat Ikamaban, Husni Hasan mengatakan, gempa bumi untuk sekian kalinya yang terjadi di tanah serambi Mekkah tersebut, merupakan teguran umat manusia, bukan hanya di Aceh tapi daerah lainnya.

“Masya Allah, Aceh sekarang gempa lagi. Ini peringatan kita semua. Mudah-mudahan kita berdoa agar saudara-saudara kita tetap sabar dan tegar dalam menghadapi semua ujian ini. Kita berharap dengan kejadian ini, ada hikmah dan saudara-saudara yang tertimpa musibah tetap sabar dan tawakal,”kata Husni Hasan.

Saat ini, kata dia, di sejumlah wilayah tanah air masyarakat sudah melakukan doa bersama, seperti di Jakarta untuk mendoakan masyarakat Aceh yang terkena musibah. “Kelompok-kelompok masyarakat sudah menyelenggarakan istighosah, walaupun dimushola-mushola. Saya pribadi prihatin dengan musibah ini,”kata Husni.

Saat ini kata Husni, masyarakat Aceh di Jakarta, Jawa Barat dan Banten sudah melakukan komunikasi, untuk aksi penggalangan dana.

Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Suherman mengemukakan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa berkekuatan 6,5 skala richter di Aceh sebanyak 92 orang dan 213 orang mengalami luka-luka.

“Dari hasil laporan anggota TNI dan Polri serta relawan, jumlah korban meninggal mencapai 92 orang dan yang paling banyak terdapat di Kabupaten Pidie Jaya,” kata Pangdam kepada wartawan saat meninjua lokasi gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Rabu.

Pangdam didampingi Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak meninjau beberapa lokasi gempa di sepanjang jalan Kabupaten Pidie, Pidie Jaya dan Kabupaten Bireuen.

Pangdam menyatakan, pencarian korban terus dilakukan di sejumlah titik, karena diperkirakan masih ada warga yang terjebak di reruntuhan bangunan. Untuk mempercepat proses evakuasi, pihaknya akan mengerahkan secara maksimal pasukan TNI yang ada di wilayah Kabupaten Pidie, Pidie Jaya dan Kabupaten Bireuen. (ant )

To Top