Peristiwa

Hingga Sabtu Pukul 18.00 WIB. Gempa di Pidie Jaya sudah 70 kali

ACEHTERKINI.COM | Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mencatat sudah terjadi 70 kali gempa di wilayah Pidie Jaya sejak Rabu, 7 Desember 2016 hingga Sabtu hari ini. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Pusat, Mochammad Riyadi mengatakan, gempa susulan paling banyak terjadi pada Rabu (7/12/2016) sebanyak 45 kali.

Kemudian sebut Riyadi dalam keterangan resminya, gempa pada hari Kamis (8/12/2016) terjadi sebanyak 14 kali dan pada Jum’at (9/12/2016) gempa terjadi sebanyak 7 kali. Hari ini, Sabtu (10/12/2016) hingga pukul 15.43 wib sudah terjadi 4 kali gempa susulan.

Hingga Sabtu Pukul 18.00 WIB. Gempa di Pidie Jaya sudah 70 kali
Peta Gempa Susulan di Pidie Jaya [Foto : BMKG]

Berdasarkan data gempabumi susulan tersebut, trend frekuensi kejadian gempabumi susulan per hari di Pidie Jaya sudah semakin meluruh, sehingga aktivitas gempabumi susulan ini diharapkan segera berakhir dan habis energinya.

Menurut BMKG gempabumi susulan ini tampak membentuk sebuah klaster sebaran pusat gempabumi yang berarah tenggara-barat laut. Pusat-pusat gempabumi susulan ini tidak saja terkonsentrasi di wilayah Pidie Jaya daratan, tetapi juga tersebar di laut.

Jika sebaran episenter gempabumi susulan ini menggambarkan sebuah proses rekahan (rupture) batuan, maka dapat dikatakan bahwa peristiwa gempabumi Pidie Jaya ini telah menciptakan sebuah patahan kerak bumi di kedalaman dangkal dengan arah tenggara-barat laut, dari daratan Pidie Jaya hingga menerus ke laut.

Mengingat frekuensi kejadian gempabumi susulan yang semakin jarang terjadi, maka kepada masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, dan tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selama ini isu akan terjadinya gempabumi besar dan menimbulkan tsunami hanyalah berita bohong tidak pernah terbukti kebenarannya. [Red]

Editor : Firman

To Top