Sosial

Gempa Guncang Pidie Jaya, MDMC Abdya Galang Dana

ACEHTERKINI.COM | Gempa berukuran 6,4 SR dikabarkan telah merusak sejumlah bangunan dan menelan korban jiwa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Melihat peristiwa tersebut, berbagai elemen masyarakat merasa tersentuh untuk melakukan penggalangan dana. Seperti yang dilakukan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) di bawah naungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (7/12/2016).

Gempa Guncang Pidie Jaya, MDMC Abdya Galang Dana
MDMC Abdya galang dana untuk korban gempa Pidie Jaya di kawasan Jalan Persada Blangpidie, Rabu (7/12). (rizal/acehterkini.com)

Dimana, MDMC menggalang dana dengan turun ke jalan raya seputaran kota Blangpidie dengam mengulurkan kardus kepada sejumlah pengendara bahkan pejalan kaki yang sedang melintas.

Ketua MDMC Abdya, Muslim Abdya mengatakan, aksi kemanusiaan berupa penggalangan dana kepada para pengguna jalan dilakukan untuk meringankan beban para korban yang tertimpa musibah. Langkah cepat yang dilakukan MDMC merupakan rasa prihatin sehingga butuh kesadaran semua pihak untuk membantu mereka secara moril dan materil.

Penggalangan dana untuk korban gempa Pidie Jaya ini dilakukan di beberapa titik seperti di lintasan Jalan Persada, Simpang Cerana dan sejumlah titik lainnya.

“Dalam aksi ini MDMC Abdya bersama dengan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Lembaga Amal Zakat Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) untuk bersama-sama melakukan penggalangan dana pada hari ini,”kata Muslim didampingi anggota Sekretariat MDMC, Ikhsan Putra Kurniawan.

Aksi penggalangan dana, lanjut Muslim akan berlangsung hingga Minggu (11/12) mendatang, dengan harapan dana yang terkumpul tersebut bisa membantu korban gempa. Selain melakukam aksi di jalan raya, pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat Abdya serta pedagang untuk berpartisipasi langsung dengan menyisihkan sedikit penghasilan mereka untuk disumbangkan kepada korban yang mengalami musibah gempa.

Setelah dana itu terkumpul, MDMC akan membelanjakan dana tersebut untuk membeli sejumlah kebutuhan yang akan dimanfaatkan para korban, seperti makanan, pakaian dan lainnya. Bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan pakaian, pihaknya siap menampung dan nantinya akan disalurkan bersamaan dengan barang bantuan yang lain.

“Kami hanya bisa membantu dengan cara ini, untuk meringankan beban saudara kita yang ada di Pidie Jaya,”tuturnya singkat. (RiZal)

To Top