Pendidikan

FKIP Unimal Adakan Kuliah Umum Perdana

ACEHTERKINI.COM | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Malikussaleh mengadakan kuliah umum perdana di Aula Sultan Meurah Silu Gedung Biro Rektorat, Reuleut, Senin (5/12/16).

Kuliah umum disampaikan oleh pemateri yang didatangkan langsung dari Pusat Pengembangan Pembelajaran Lembaga Penjamin Mutu Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh,  Prof Dr M Ali S M.Si.

FKIP Unimal Adakan Kuliah Umum Perdana
[ Foto: ian/acehterkini.com ]

Kegiatan kuliah umum yang dilaksanakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Malikussaleh ini mengambil tema “Kesiapan Calon Guru dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN di Abad 21”

Kegiatan ini turut dihadiri oleh seluruh mahasiswa FKIP yang terdiri dari mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Kimia, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Pendidikan Teknik Mesin berjumlah lebih kurang 400 mahasiswa serta dosen dari masing-masing prodi tersebut.

Acara berlangsung dari pukul 8.30 Wib sampai dengan pukul 12.30 Wib dibuka oleh Pembantu Dekan diwakili Muhammad, ST.,M.Eng dalam sambutannya mengatakan bahwa kuliah umum ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan calon guru yang mampu bersaing di era global, khususnya tingkat Asean.

“Indonesia termasuk salah satu negara dalam kawasan Asean harus mampu menyiapkan kapasitas, dan kapabilitas keilmuan, skill dan profesionalisme. Tidak terkecuali profesi guru,” jelas Muhammad, ST., Meng dalam sambutannya.

Sementara itu, pemateri kuliah umum mengingatkan bahwa calon guru kedepannya harus memiliki komptensi yang mampu bersaing di kancah Asean. Guru harus mampu menguasai teknologi, harus mampu berbahasa Inggris sebagai salah satu bahasa yang diakui PBB.

“Kemampuan bahasa perlu dipersiapkan oleh calon guru mulai dari sekarang, agar lapangan kerja tidak hanya berpusat di wilayah Indonesia saja,” ujar Prof Dr M Ali S, M.Si [mursalin]

To Top