Sosial

Di Abdya Tidak Ada Gereja, Tapi Polisi Tetap Perkuat Keamanan

ACEHTERKINI.COM | Walapun di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tidak memiliki rumah ibadat (gereja) untuk umat kristiani. Namun jelang Natal dan Tahun Baru, jajaran Polres Abdya tetap memperkuat keamanan selama perayaan itu berlansung.

Hal itu dikatakan, Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH melalui Kabag Ops, AKP Awang Bayu usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Rencong yang berlansung di Mapolres setempat, Jumat (23/12/2016).

Di Abdya Tidak Ada Gereja, Tapi Polisi Tetap Perkuat Keamanan
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin dan Rencong 2016 di Abdya

Dalam memperkuat pengamanan tersebut, Polres Abdya bekerjasama dengan TNI, Pemda yang meliputi Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayahtul Hisbah (Satpol PP dan WH), Dinas Perhubungan (Dishub), RAPI, Senkom , selain itu tokoh agama, organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan juga akan terlibat selama Ops ini berjalan.

“Di Abdya tidak ada Gereja, namun kami tetap memperkuat pengamanan seperti patroli secara rutin, razia cipta kondisi (cipkon) untuk mengantisipasi gangguan keamanan, khususnya terhadap teror-teror yang menganggu kenyamanan dan mengancam keselamatan masyarakat,”ujar Kabag Ops Awang Bayu kepada sejumlah awak media.

Dikatakan Awang, Kapolres mengingatkan agar jajarannya meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas, dan berikan pelayanan prima kepada masyarakat kapanpun dan dimanapun.

Operasi difokuskan untuk mengatasi kemacetan, kecelakaan lalu lintas, bencana alam, street crime, teror bom serta isu-isu intoleransi dan radikalisme. Dimana, nantinya dalam operasi lilin ini seluruh personel akan disebar di semua lokasi meliputi, kawasan kediaman warga yang menganut kepercayaan Nasrani, tempat wisata, keramaian, kemacetan dan pemukiman warga yang ditinggal ibadah ataupun bepergian.

“Lokasi objek wisata pasti akan ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar daerah, hal ini juga menjadi perhatian serius kami selama tahun baru berlansun. Maka dari itu selama 10 hari Ops Lilin Rencong ini, kita akan menempatkan pos pelayanan yang berdekatan dengan lokasi tempat wisata,”demikian tutupnya.

Amatan dilapangan, Apel gelar pasukan itu dipimpin lansung Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH dan yang bertindak sebagai Komandan Apel, Ipda Ferianto yang juga turut dihadiri unsur perwakilan Muspida Abdya, sejumlah kepala SKPK, tokoh agama serta pejabat Polres setempat.

Dalam Apel itu, Kapolres membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, bahwa apel tersebut dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan Polri dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan natal 2016 dan tahun baru 2017, baik pada aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

Kapolri meminta jajarannya untuk mewaspadai sejumlah gangguan kamtibmas mulai dari kejahatan konvensional, konflik keagamaan hingga kemungkinan adanya aksi terorisme. Berbagai hal tersebut, menjadi tantangan tugas bagi polri dan seluruh elemen terkait, khususnya dalam menjaga dan mengamankan pelaksanaan ibadah natal 2016 dan perayaan pergantian tahun 2017. (Rizal)

To Top