Nasional

Ahok Tidak ditahan Tapi akan Dipanggil Ini Alasannya

ACEHTERKINI.COM | Kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bakal segera dibawa ke persidangan.

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara sudah menetapkan jadwal sidang perdana pada Selasa, 13 Desember 2016, pukul 09.00.

Meski status Ahok telah menjadi tersangka, Kejaksaan Agung (Kejagung) memutuskan untuk tidak menahannya.

Ahok Tidak ditahan Tapi akan Dipanggil

Kepala Pusat Penegakan Hukum Kejagung, Muhammad Rum mengatakan bahwa tidak ditahannya Ahok karena mengikuti standar operasional prosedur (SOP) penyidik.

“Sesuai SOP, apabila penyidik (Kepolisian) tidak melakukan penahanan, maka kami juga tidak melakukan penahanan. Tim peneliti juga tidak melakukan penahanan,” kata Rum yang dikutip dari dream.co.id, Kamis, (1/12/16).

Rum mengatakan, selama proses pemeriksaan, Ahok dianggap kooperatif. Hal itu yang kemudian menjadi pertimbangan Kejagung untuk tidak menahan tersangka dugaan penistaan agama tersebut.

Dijelaskan lebih lanjut, Ahok sebagai tersangka memang tidak ditahan. Maka, akan ada pemanggilan untuk datang ke sidang sebagai terdakwa.

“Mekanisme pemanggilan sidang, setelah nanti keluar penetapan sidang, pengadilan mengirimkan ke kejaksaan, nanti kejaksaan yang akan menghadirkannya ke persidangan,” ucap Hasoloan.

Ditambahkan Hasoloan, selama ditugaskan di PN Jakut, ia memang belum pernah menemukan kasus dugaan penistaan agama di daerah Jakarta Utara. Namun demikian, kasus serupa pernah terjadi sebelumnya

“Selama saya bertugas di Jakut, belum ada kasus seperti ini. Saya di sini sudah 1 tahun lebih. Tapi dulu, pernah ada kasus penistaan agama,” tuturnya.

To Top