Layanan Publik

165 Geuchik Dilatih Kelola Website Gampong

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 165 Geuchik dan perangkat gampong dalam kabupaten Bireuen mengikuti pelatihan operator pengelola sistem informasi (website) gampong.

Kegiatan ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bireuen bekerjasama dengan Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen di laboratorium Robotik Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Umuslim, Senin (5/12).

165 Geuchik Dilatih Kelola Website Gampong
165 Geuchik dan perangkat gampong dalam kabupaten Bireuen mengikuti pelatihan operator pengelola sistem informasi (website) gampong di laboratorium Robotik Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Umuslim, Senin (5/12). [ ian/acehterkini.com ]

Pelatihan ini dibuka oleh PLt Bupati Bireuen Ir.Mukhtar Abda,MSi diwakili Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat  (BPM ) Bob Mizwar, S.STP,.MSi.

Dalam kesempatan tersebut Bob Mizwar menyampaikan tujuan diadakan pelatihan tersebut. Menurut Bob pelatihan ini  untuk menyahuti  UU no.6 tahun 2014 tentang sistem informasi desa dan  diharapkan seluruh desa di Kabupaten Bireuen akan menjadi desa online dan dapat mempublikasikan berbagai data dan potensi yang ada di desa masing-masing yang pada akhirnya akan tercipta desa yang maju,mandiri dan sejahtera.

Sementara itu Rektor Umuslim Dr.H.Amiruddin Idris,SE.,MSi yang diwakili  Wakil Rektor IV Dr.Sujiman A.Musa,MA mengucapkan terimakasih atas kerjasama ini dan materi pelatihan Website yang diberikan untuk perangkat gampong.

“Ini merupakan produk hasil kajian dan riset dosen Fikom Umuslim dan produk ini bukan hanya sudah dipakai untuk masyarakat Bireuen tetapi kita juga telah di undang untuk melatih perangkat gampong di Kalimantan Timur.”, ujar Sujiman A.Musa.

Kabag Humas Umuslim Zulkifli,M.Kom didampingi Dekan Fikom Taufiq,ST.,MT menjelaskan “Pembuatan website desa  merupakan salah satu program yang dirintis kampus sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk  membantu desa sesuai tuntutan  Undang-undang  nomor 6 tahun 2014 tentang desa.”

“Kampus mempunyai tenaga dan skill yang berkompoten di bidang itu, jadi tidak salah kita terjunkan mahasiswa untuk dapat membantu masyarakat dalam pembuatan website desa dalam rangka untuk menyahuti program Kementerian  Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi (Mendes PDTT) untuk menjadikan desa online .”, ujarnya.

Zulkifli menjelaskan “Pilot project program ini telah dirintis di laksanakan pada desa  100 desa 8 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen, pPada saat mahasiswa Umuslim melaksanakan KKM beberapa waktu lalu jelas.”

“Pelatihan ini diprogramkan untuk tiga gelombang, gelombang pertama sebanyak 165 peserta dan bagi yang belum mengikuti gelombang ini akan dilanjutkan pada gelombang berikutnya sehingga nantinya semua desa di kabupaten Bireuen sudah terkoneksi dengan website desa.”, ujar Bob Mizwar.

To Top