Sosial

Unsyiah Himbau Peserta TPBI untuk Cetak Kartu

ACEHTERKINI.COM | Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menghimbau kepada calon peserta Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) agar segera mencetak kartu ujian sebelum masanya berakhir. Cetak kartu ujian TPBI akan berakhir pada 26 November 2016, Darussalam, Banda Aceh, Kamis (24/11).

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsyiah, Dr Hizir mengatakan, masa cetak kartu ujian sudah berlangsung sejak 17 Oktober 2016. Perlu digaris bawahi, cetak kartu ujian berakhir pada 26 November 2016 sampai pukul 11.30 WIB.

[ilustrasi]

“Apabila sampai batas waktu yang ditentukan belum mencetak kartu, maka akan dianggap mengundurkan diri,” ujarnya.
Ia mengungkapkan, sejauh ini jumlah pendaftar TPBI mencapai 773 orang. Namun, calon peserta yang sudah membayar biaya pendaftaran baru sebanyak 507 orang. Jadi, ada 203 orang yang belum membayar biaya pendaftaran. Sedangkan jumlah calon peserta yang sudah mencetak kartu yaitu sebanyak 474 orang.

“Ujian TPBI dibagi atas dua kategori yakni IPA dan IPS. Namun, peserta di jurusan IPA jauh lebih banyak ketimbang jurusan IPS. Calon peserta TBPI jurusan IPS yang sudah membayar baru sebanyak 71 orang. Selebihnya memilih jurusan IPA,” sebutnya.

Hizir mengingatkan bahwa TPBI bukan jalur masuk ke Unsyiah. TPBI hanya sebagai upaya tes minat, bakat, dan kemampuan intelektual siswa. Hasil tes TPBI dapat dijadikan acuan bagi kampus untuk penerimaan mahasiswa baru ke depan.

“Jadi bagi siswa yang ingin mendaftarkan diri diharapkan untuk segera mengisi formulir pendaftaran secara online di situs http://penerimaan.spmb.or.id/. Pendaftaran TPBI akan berakhir pada 25 November 2016,” himbaunya.

TPBI bertujuan untuk memberikan penilaian prediksi kemampuan siswa secara individual yang diukur dan dibandingkan pada tingkat daerah, provinsi, maupun nasional berdasarkan materi yang sama. Selain itu, juga untuk memberikan gambaran awal dan dapat digunakan sebagai indikator kemampuan intelektual, minat, dan bakat seorang siswa.

To Top