Sosial

Polres Abdya Uji Kesiapan Personel Pengamanan Pilkada

ACEHTERKINI.COM | Dalam rangka menjaga keamanan selama proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) pada tahun 2017 mendatang, Polres setempat menggelar simulasi SISPAMKOTA untuk menguji kesiapan dan ketangkasan personel dalam melakukan pengamanan Pilkada nanti.

Simulasi yang berlansung di Lapangan Bola Kaki, Desa Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, pada Rabu (23/11/2016) itu, turut dihadiri Bupati Abdya Ir. Jufri Hasanuddin, MM, Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH, Ketua Panwaslih Idris SHi, Komisioner KIP Abdya Said Maskur, Dan Sub POM Pelda Kader PS, Perwakilan dari Kejari Abdya Wendi Yufrizal, Para perwakilan Danramil, Para Kapolsek Abdya, Anggota Polres Abdya, Personel Brimob Detasemen C Nagan Raya dan Anggota Satpol PP.

Amatan dilapangan, ada beberapa simulasi  yang diperagakan oleh Personel Polres Abdya dan Brimob dalam rangka Pam Pilkada serentak tahun 2017 mendatang, seperti peragaan patroli oleh anggota kepolisian dan TNI, peragaan pengamanan Logistik Pilkada dari percetakan sampai dengan tujuan, peragaan pelaksanaan sterilisasi tempat kampanye, peragaan pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS).

Polres Abdya Uji Kesiapan Personel Pengamanan Pilkada
Simulasi Pengamanan Pilkada di Aceh Barat Daya

Kemudian peragaan pengamanan saat terjadi kericuhan yang di lakukan masyarakat dengan ketidak puasan hasil suara. Peragaan pengamanan saat terjadi aksi demo besar-besaran juga karena tidak puas dengan hasil suara, dimana dalam simulai itu Polisi nampak menggunakan tameng dan water canon untuk mengamankan massa yang berdemo. Terakhir dilakukan peragaan pengamanan saat terjadi aksi teror Bom yang mempu dijinakkan oleh tim Gegana Brimob.

Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH melalui Kabag Ops AKP Awang Bayu, mejelaskan, tujuan dilaksanakan acara ini, sebagai gambaran pengamanan yang akan dilakukan apabila ada kericuhan saat proses Pilkada 2017 nanti. Disamping itu, juga untuk menguji kesiapan dan ketangkasan personel baik Polisi maupun TNI dalam mengamankan Pilkada di Abdya.

“Simulasi ini juga berlansung dibeberapa daerah yang akan melakukan Pilkada, namun jadwalnya saja yang berbeda. Dan ini merupakan serangkaian kegiatan Operasi Mantap Praja Rencong 2016,” kata Kabag Ops Awang via Phonsel

Disebutkan Awang, dalam mendukung kegiatan simulasi itu, pihaknya melibatkan 210 personel Polres, 60 personel Brimob Detasemen C Nagan Raya, 8 personel dari Koramil Susoh dan sebagai pendemo, pihaknya melibatkan unsur masyarakat yang diundang 10 orang perkecamatan.

“Dari 9 kecamatan di Abdya, kita melibatkan masyarakat 10 orang perkecamatan dengan total 90 orang. Kita melibatkan masyarakat dalam kegiatan simulasi ini agar suasananya lebih hidup dan nampak nyata. Dimana, kita juga sudah melakukan geladi sehari sebelum acara dimulai,” tutur Awang singkat.

Penulis : SyahRizal
Editor : Firman

To Top