Sosial

Peringatan Hari Guru di Aceh Tengah Berlangsung Semarak

ACEHTERKINI.COM | Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di Kabupaten Aceh Tengah berlangsung semarak dan meriah. Kemeriahan ditandai dengan ramainya guru yang hadir mengikuti upacara HGN yang dipusatkan di halaman Setdakab Aceh Tengah, Jumat (25/11).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Plt Bupati Aceh Tengah, Drs H Alhudri MM sekaligus membacakan sambutan Mendikbud RI, Prof Dr Muhadjir Effendy MAP.

Peringatan Hari Guru di Aceh Tengah Berlangsung Semarak
Usai upacara, Plt. Bupati Aceh Tengah, Alhudri bersalaman dengan para Guru di halaman Setdakab Aceh Tengah, Jumat (25/11). [MIKA/acehterkini.com]

Usai pelaksanaan upacara, Alhudri menyampaikan penghargaan atas dedikasi, komitmen dan segala upaya tenaga kependidikan yang telah bekerja selama ini.

‎Mengutip sambutan Mendikbud, Alhudri mengatakan Guru memiliki peran amat mulia dan strategis. Sejak ditetapkannya Undang-Undang Nomor 14 tahun 2015 tentang guru dan dosen secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja profesional.

Namun, harus diakui bahwa saat ini profesionalisme guru di Indonesia belum memenuhi harapan.

“Masih diperlukan upaya-upaya yang lebih keras agar pekerjaan guru di tanah air betul-betul sebagai pekerjaan profesional dimasa yang akan datang”, ujarnya.

Menurutnya untuk meningkatkan profesional guru harus dimulai dari keinginan dan kerja keras guru itu sendiri.

“Pemerintah selama ini telah mengupayakan banyak hal agar para guru semakin profesional, namun upaya itu akan sia-sia jika tidak didukung tekad yang bulat dari pihak guru itu sendiri,” imbuhnya.

Pemerintah telah bertekad meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik.

“Saya berharap hal ini berimplementasi nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru, dibuktikan dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa,” tegasnya

Upacara Hari Guru Nasional di Aceh Tengah dirangkai dengan peringatan HUT ke-71 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Diakhir upacara HGN, Plt Bupati Alhudri menyerahkan piala bergilir Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tenaga pendidik kepada juara umum UPTD Bebesen.

Porseni digelar sebelumnya oleh PGRI Aceh Tengah dalam rangka memeriahkan HUT PGRI ke-71. (Mika)

To Top