Sosial

Pangdam IM: Bangsa Indonesia Bangsa Patriot

ACEHTERKINI.COM | Bangsa Indonesia adalah Bangsa Patriot, Bangsa yang memiliki Gen Patriot, Gen Pahlawan, Gen Ksatria, karena leluhur kita semua adalah pejuang. Hal tersebut dikatakan Panglima Kodam Iskandar Muda Mayor Jenderal TNI Tatang Sulaiman di Tribun Upacara Lapangan Balang padang seusai melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan, Banda Aceh. Kamis (10/11/16).

Pangdam IM: Bangsa Indonesia Bangsa Patriot
[ Foto: Dok. acehterkini.com ]

Pangdam juga mengatakan, bangsa yang memiliki Gen Patriot adalah Bangsa yang harga dirinya tinggi. “Jadi kalau harga diri kita di usik, maka kita akan bangkit bersama-sama untuk melawannya,” tegas Mayor Jenderal TNI Tatang Sulaiman.

Dihari pahlawan tahun ini, Pangdam berpesan kepada pemuda penerus bangsa untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan, yang selalu pantang menyerah, rela berkorban demi bangsa dan menjaga hargadiri bangsa.
“Mari kita teladani sifat sifat kepahlawanan, pantang menyerah, rela berkorban, jaga harga diri bangsa,” ungkapnya.

Upacara peringatan hari pahlawan ini untuk menghormati pahlan-pahlawan kita, pada 10 november 1945 merupakan pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan penjajah setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus, para pahlawan berjuang mempertahankan kemerdekaan yang saat itu usia kemerdekaan baru empat bulan.

Saat itu Indonesia belum mempunyai perlengkapan perang, negara baru 4 bulan tetapi bisa kita mengusuir sekutu (penjajajah) yang notabenenya pada saat itu memiliki perlengkapan cukup modern hannya dengan pengalaman dalam berperang serta rasa memiliki terhadap bangsa ini yang tinggi.

Dijajah itu tidak enak, maka setelah merebut kemerdekaan begitu sekutu datang lagi ya di usir, jadi maknanya kalau kita ada kemauan pasti bisa.

Sekarang tantangannya adalah bagaimana kita mengisi kemerdekaan ini, mengisi pembangunan ini, untuk kesejahteraan, ini yang harus kita tumbuhkan kepada para pemuda kita,” terang Pangdam.

Pangdam juga mengutip pesan pahlawan Ir. Soekarno, “Perjuanganku Lebih Ringan Karena Mengusir Penjajah, Tetapi Perjuangan Kalian Akan Lebih Berat Karena Akan Melawan Bangsa Sendiri,” ini adalah makna yang sangat tinggi ,” ungkap mantan Kapuspen TNI tersebut.

Upacara Hari Pahlawan dipimpin oleh Plt. Gubernur Aceh Mayjen (Purn) Soedarmo yang turut dihadiri Wali Nangroe, Kajati, Pangdam IM, Kapolda, Wakapolda, Kakanhan Aceh, Kabinda Aceh, Anggota DPRA, para Asiten Kasdam, Danlanud SIM, para pejabat Polda, serta peserta upacara yang terdiri dari barisan TNI Kodam IM, TNI AU, TNI AL, Polda Aceh, Brimob, Satpol PP dan WH, PNS, Taruna BP2IP, Akper Kesdam, Pelajar SMA, SMP dan SD Kota Banda Aceh.

To Top