Sosial

MTQ Unsyiah ke-15 Dibuka

ACEHTERKINI.COM | Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) ke-15 tahun 2016 mulai dibuka pada Jumat (4/11). Pelaksanaan MTQ tersebut dibuka oleh Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng di Mesjid Jamik Kampus Unsyiah.

[ Dok: acehterkini.com ]

MTQ tingkat mahasiswa Unsyiah ini akan berlangsung mulai 4-6 November 2016. Ada 13 cabang lomba yang diperlombakan pada MTQ kali ini, yaitu Musabaqah Tilawatil Quran, Tartil Quran, Hifzil Quran 1 juz, Hifzil Quran 5 juz, Hifzil Quran 10 Juz, Qiraah Sab’ah, Debat Kandungan Al-Quran Bahasa Arab, Debat Kandungan Al-Quran Bahasa Inggris, Karya Tulis Ilmiah, Syarhil Quran, Desain Aplikasi Berbasis Al-Quran, Fahmil Quran, dan Khattil Qur’an.

Ketua Panitia MTQ Unsyiah ke-15, Mukhlis SH Mhum mengatakan, MTQ Unsyiah kali ini diikuti oleh 205 peserta dari 12 fakultas di Unsyiah.

“Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2014. Ajang ini untuk menjaring mahasiswa untuk ikut berlomba pada MTQ nasional tingkat mahasiswa tahun 2017,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Unsyiah mengaku, Unsyiah selama ini telah menyalurkan beasiswa bagi hafiz 30 juz. Hal itu sebagai wujud dukungan Unsyiah kepada mahasiswa yang berprestasi, baik dari segi akademik maupun non-akademik.

“Selain itu, Unsyiah berharap agar MTQ kali ini dapat menyeleksi para calon peserta MTQ dengan ketat. Supaya nantinya akan lahir peserta unggulan dari Unsyiah pada MTQ di Malang tahun depan,” ujar Prof Samsul.

Menurutnya, tahun lalu Unsyiah berhasil keluar sebagai juara 2 nasional pada MTQ yang berlangsung di Universitas Indonesia. Jadi, peserta yang nantinya akan maju ke level nasional diminta harus lebih meningkat.

“Mahasiswa Unsyiah yang ikut MTQ nasional tingkat mahasiswa nanti harus mampu meraih juara umum. Kita targetkan juara umum, tapi tetap Allah Swt yang menentukan,” ungkap Rektor Unsyiah.

To Top