Pendidikan

Mahasiswa Aceh Barat Dilatih Astronomi

ACEHTERKINI.COM | Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat diberikan pelatihan astronomi dan perhitungan bulan Hijriah di kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat. Pelatihan yang diikuti 50 peserta ini, diharapkan mampu  menumbuhkan minat mahasiswa terhadap perkembangan ilmu astronomi, khususnya dalam penerapan terhadap kajian islam di Aceh Barat.

Mahasiswa Aceh Barat Dilatih Astronomi
Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat diberikan pelatihan astronomi dan perhitungan bulan Hijriah, di kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat  28-29 November 2016

Pelatihan yang diadakan pada 28-29 November 2016 ini, menghadirkan peneliti yang juga pakar astronomi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala, Dr. Suhrawardi Ilyas, M.Sc.

Koordinator AKN Aceh Barat, Dr. Mursyidin, MA mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar mampu melakukan perhitungan dan penentuan bulan pada tahun Hijriah yang sering menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Selain itu, peserta pelatihan juga dilatih untuk menentukan geometri bumi pada perhitungan arah kiblat.”

Menurutnya, pengetahuan tentang perhitungan bulan Hijriah dan penentuan arah kiblat, perlu di edukasikan kepada masyarakat Aceh yang memiliki kultur budaya Islam. Sehingga pengetahuan Islam masyarakat Aceh Barat dapat didukung dan dikuatkan dengan ilmu pengetahuan.

“Selama ini pendidikan tentang ilmu astronomi khususnya tentang pengetahuan perhitungan bulan Hijriah dan penentuan arah kiblat masih kurang akrab di telinga masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan tersebut, mahasiswa AKN Aceh Barat mampu menjadi pernyambung lidah pihak kampus dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang tatacara perhitungan bulan Hijriah dan penentuan arah kiblat.

“Sehingga menjadi solusi terhadap perdebatan-perdebatan yang terjadi di dalam masyarakat,” harapnya.[]

To Top