Sosial

ITB Gandeng Unsyiah Riset Pertambangan

ACEHTERKINI.COM | Institut Teknologi Bandung (ITB) menggandeng Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dalam konsorsium riset bidang pertambangan. Kerja sama tersebut ditandai dengan kunjungan tim ITB ke Unsyiah yang disambut Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng di ruang kerjanya, Kamis (3/11).

[ Dok: acehterkini.com ]

Ketua Tim ITB, Prof Dr Ir Budi Sulistianto MT menjelaskan, kolaborasi riset ini berkaitan dengan program Hibah Konsorium dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang diperoleh ITB untuk inisiasi penguatan penelitian di bidang penutupan tambang. Selain Unsyiah, ada institusi lain yang ikut bergabung dalam konsorsium riset ini, yaitu Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makasar, Kyushu University Jepang, dan Badan Diklat Kementerian ESDM.

“Tujuan utama dibentuknya konsorsium riset ini adalah untuk pengembangan penelitian di bidang pertambangan, termasuk tambang bawah tanah yang berdampak pada kesehatan dan keselamatan kerja,” ujar dosen Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB itu.

Di samping itu, lanjut Budi, tim riset ini juga dapat bekerja sama untuk penelitian pasca tambang atau penutupan tambang (mine closure) antar anggota konsorsium. Pelaksanaan riset ini tentu melibatkan para ahli dari Jepang maupun Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama tim ITB dan Rektor Unsyiah juga membicarakan pembentukan dan pengaktifan konsorsium yang menitikberatkan pada penelitian dan hybrid teaching, yang memadukan antara proses belajar secara online dan tatap muka secara langsung.

“Unsyiah mendukung semangat dari ITB ini. Semoga kolaborasi ini bermanfaat bagi kedua belah pihak,” ucap Rektor.

Sebelumnya, tim ITB sempat mengisi kuliah umum di Fakultas Teknik Unsyiah. Kemudian berkunjung ke lokasi pertambangan terdekat, yaitu kuari batugamping PT. Lafarge Cement Indonesia.

To Top