Sosial

ILMAKA Bantu Korban Banjir di Aceh Jaya

ACEHTERKINI.COM | Bencana alam banjir yang melanda Kabupaten Aceh Jaya pada selasa (08/11) memunculkan berbagai aksi simpatik dari berbagai pihak. Sebagai bukti kepedulian terhadap sesama, Ikatan Lembaga Mahasiswa Keperawatan Aceh (ILMAKA) turut menggalang dana untuk korban bencana di Kabupaten tersebut.

ILMAKA Bantu Korban Banjir di Aceh Jaya
[ Foto: Dok: acehterkini.com ]

Hal itu diungkapkan dalam rilis dikirim oleh email zoelfahmi0506@gmail.com yang diterima redaksi pada Rabu (16/11).

Beberapa titik yang menjadi daerah banjir antara lain Ligan, Seumantok, Ie Jeringeh, Ranto Sabon, Cot Punti dan Krung Ayeun menyebabkan warga terkena penyakit kulit dan diare. Akibat dari bencana tersebut telah menyebabkan kerugian kepada warga setempat seperti lading pertanian, hewan ternak, harta benda, juga berdampak pada siswa/i yang tidak dapat bersekolah selama satu minggu, akibat lumpur setinggi 30 cm

Sebelum aksi ini dilakukan, pengurus Ikatan Lembaga Mahasiswa Keperawatan Aceh (ILMAKA) berinisiatif melakukan penggalangan dana selama dua hari di simpang lima Banda Aceh, dan warkop disekitaran Banda Aceh, bantuan juga diperoleh dari pihak kalbe.

Pengurus ILMAKA, turut ikut serta ketua Ridha Afzal, S.Kep didampingi oleh Kabid Kebencanaan Khairul Fahmi, S.Kep untuk menyalurkan langsung seluruh bantuan berupa logistik dan obat-obatan yang terkumpul guna meringankan derita korban akibat meluapnya air sungai tersebut.

Sumbangan yang digalang oleh ILMAKA tersebut diberikan pada Senin (14/11) lalu. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Camat Sampoiniet berlokasi di kantor kecamatan setempat

Berdasarkan perbincangan Kabid kebencanaan ILMAKA, Khairul Fahmi S.Kep dengan Camat Sampoiniet Pak Taufik mengatakan bahwa penyebab utama banjir akibat hujan yang terus menerus menyebabkan debit air sungai menjadi tinggi dan meluap, sehingga terjadi banjir.

“Ada sekitar 3000 korban dari 6 desa yang terkena dampak bencana banjir ini, sebanyak 4 sekolah kegiatan belajar-mengajar terpaksa dihentikan”, Ujar Pak Taufik Selaku Camat Sampoiniet

Dalam Kesempatan ini Ridha Afzal S.Kep selaku ketua umum ILMAKA meminta kepada pihak pemerintah Provinsi Aceh untuk lebih meningkatkan perencanaan dalam menghadapi bencana alam khususnya banjir di daerah Aceh Jaya, sehingga dampak bencana dapat dikurangi.

To Top