Sosial

Di Kodim 0106/Ateng-Bm Ada Pelatihan Pengoperasian Alsintan Traktor Roda – 4

ACEHTERKINI.COM | TAKENGON – Sebanyak 11 orang yang terdiri dari 7 Babinsa perwakilan dari Koramil , 3 panitia Staf Teritorial dan 1 tutor dari Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah mengikuti pelatihan pengoperasian Alsintan Traktor Roda – 4 dengan merek mesin Perbusor di Makodim 0106/Ateng-BM. Kamis (03/11/16).

Di Kodim 0106/Ateng-Bm Ada Pelatihan Pengoperasian Alsintan Traktor Roda - 4
Anggota Babinsa dari perwakilan Koramil sedang mengikuti pelatihan traktor yang dipandu oleh tutor dari Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah  [ acehterkini ]

Keberadaan Prajurit TNI di wilayah Teritorial sangat besar peran dan keberadaanya dalam masa damai. Di bidang pertanian, selain pembukaan cetak sawah baru, Program Pemerintah dalam Upaya Khusus peningkatan produksi padi, jagung, kedelai atau (Upsus PAJALE) untuk mencapai swasembada pangan nasional bersama prajurit TNI AD khusunya terus berlanjut.

Dalam hal ini kemampuan Babinsa selaku ujung tombak program Upsus tersebut terus ditingkatkan. Melalui penataran dan pelatihan pelatihan yang berkaitan dengan bidang pertanian.

Training yang juga dihadiri oleh Komandan Kodim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P diawali dengan pemberian materi oleh
Operator Alsintan Traktor Dinas pertanian Kab. Aceh Tengah Armasa yang bertempat di Aula Makodim 0106/Ateng-BM, yang kemudian langsung mempraktekkan di halaman Makodim.

Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P menyampaikan bahwa pelatihan yang diikuti oleh Babinsa ini merupakan suatu bentuk keseriusan Kodim 0106/Ateng-BM dalam menyukseskan ketahanan pangan di wilayah jajaran Kodim 0106/Ateng-BM, yang mana beberapa hari yang lalu Komandan Kodim 0106/Ateng-BM sudah menerjunkan 150 Babinsanya untuk membantu perluasan cetak sawah dan tanam padi.

“Sehingga dengan komitmen ini, masyarakat khususnya petani merasakan keintiman dan keharmonisan dengan Aparat TNI yang selalu berbuat yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas,” kata Dandim.

Dengan adanya pelatihan seperti ini, diharapkan para Babinsa sebagai pendamping petani dalam ketahanan pangan juga mampu untuk mengoperasionalkan alat Traktor Roda-4 yang telah disalurkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Kodim 0106/Ateng-BM beberapa waktu yang lalu mulai dari tahap pengolahan lahan pembenihan sampai dengan penanaman. “Sehingga hasilnya dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat banyak, khususnya petani,” harap Dandim.

Selain 8 buah mesin traktor roda empat, Kodim 0106/Ateng-BM juga mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian berupa 65 buah traktor tangan roda dua, 5 buah rice transplanter, 46 buah pompa air dan 65 buah alat semprot serta 1 buah excavator.

To Top