internasional

Clinton Menyalip Lawannya dari Partai Republik Donald Trump

ACEHTERKINI.COM | Calon presiden yang diusung Partai Demokrat Hillary Clinton menyalip lawannya dari Partai Republik Donald Trump.  Dan berbalik mendapatkan suara elektoral lebih banyak pada Pemilu Amerika Serikat 8 November 2016.

 Clinton Menyalip Lawannya dari Partai Republik Donald Trump
[ Foto: The Telegraph ]

Untuk sementara Hillary menguasai 44 suara elektoral setelah merebut enam negara bagian, meliputi, Delaware, Maryland, Massachussets, New Hampshire dan Vermont, serta daerah khusus ibu kota Washington DC.

Hingga pukul 08.00 WIB, Hillary mengungguli Trump dengan 47,2 persen suara dari total suara pemilih,

Yang menggembirakan bagi kubu Demokrat adalah kecenderungan suara di tiga negara bagian. Di mana suara mengambang (swing states) yang dianggap menentukan pemenang Pemilu, yakni Florida, North Carolina dan Ohio, bergerak ke arah Hillary Clinton.

Trump sendiri untuk sementara telah merebut empat negara bagian, meliputi Indiana, Kentucky, West Virginia dan Oklahoma, sehingga total suara elektoral yang diraihnya menjadi 31.

Melansir Washington Post, Trump kemungkinan akan memenangkan suara di Virginia karena hingga kini sudah 34,7 persen suara terhitung, arah suara sudah mengarah kepada kandidat presiden dari Partai Republik ini.

Trump dan Clinton membutuhkan minimal 270 suara elektoral dari total 538 suara elektoral untuk bisa disebut pemenang Pemilu 2016.

Diperkirakan pada antara pukul 09.00 – 10.00 WIB hasil Pemilu AS sudah bisa diketahui siapa pemenangnya. [ Editor ikhz/The Telegraph ]

To Top