Sosial

Cek Mad – Sidom Peng Bersama Ulama Hadiri Zikir Bersama dan Peresmian Masjid Cut Nyak Asiah

ACEHTERKINI.COM | Calon Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib – Fauzi Yusuf bersama sejumlah ulama menghadiri acara zikir bersama dan peresmian Masjid Cut Nyak Asiah, kemukiman jrat manyang, Kecamatan Tanah Pasir, Kamis (24/11/2016).

Acara yang turut dihadiri seribuan masyarakat tersebut diawali dengan zikir bersama kemudian dilanjutkan peresmian dengan menepung tawar (peusijuek) oleh Tu Min Blang Blahdeh, lalu dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh Abu Paloh Gadeng.

Cek Mad - Sidom Peng Bersama Ulama Hadiri Zikir Bersama dan Peresmian Masjid Cut Nyak Asiah
Ulama Aceh Abu Tumin atau lebih dikenal dengan sapaan Tu Min Blang Blahdeh sedang melaksanaakan prosesi peresmian dengan menepung tawar (peusijuek) Calon Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib – Fauzi Yusuf [ Foto: acehterkini.com ]

Abu Imum Syiek setempat, Tgk Muhammad Hanafi, dalam sambutannya menyebutkan nama masjid tersebut diambil dari nama raja perempuan yang tinggal di daerah tersebut. Raja perempuan itu, katanya, sangat adil sehingga disepakati dibubuhkan nama tersebut.

“Cut Nyak Asiah adalah raja perempuan yang ada disini saat itu sehingga setelah bermusyawarah dengan para ulama disepakatilah untuk menamakan masjid ini dengan nama tersebut,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Tgk Muhammad Hanafi, pembangunan masjid tersebut sudah berlangsung selama 16 tahun lamanya sehingga dilakukan proses peresmian pada hari ini. Pembangunannya, tambahnya, dengan bahu membahu masyarakat sekitar dan pihak lainnya membantu baik tenaga, uang ataupun pikiran.

“Terimakasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada semua pihak yang sudah turut membantu proses pembangunan tempat ibadah ini,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri juga oleh Ketua KPA/PA Wilayah Samudra Pasee, Tgk Zulkarnaini Ben Hamzah dan sejumlah anggota KPA. Setelah penutupan, dilanjutkan dengan pertemuan para pendukung dan simpatisan calon Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara tersebut. []

To Top