Sosial

Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Unjuk Rasa 2 Desember 2016

ACEHTERKINI.COM | Ratusan Personel TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja beserta Pemerintah Daerah mengikuti apel gelar pasukan kesiapsiagaan dalam rangka antisipasi unjuk rasa 2 Desember 2016 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Selasa (29/11/16) pagi.

Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Unjuk Rasa 2 Desember 2016
[ Pendam IM/Acehterkini.com]

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolda Aceh Irjen Pol Rio Septianda itu, melibatkan 3 Kompi pasukan TNI AD,  1 Kompi campuran terdiri dari TNI AL dan AU, 1 Kompi Brimob, 1 Kompi Sabhara dan Pemerintah Daerah.

Apel ini juga dihadiri Pangdam IM, Mayjen TNI Tatang Sulaiman plt. Gubernur Aceh, Kajati Aceh, Ketua Pengadilan Prov Aceh, Ketua DPRA, Ketua MPU Prov Aceh, Kasdam IM, Waka Polda Aceh, Kabinda Aceh, Kakanhan Aceh, Plt. Walikota Banda Aceh, para pajabat utama Kodam IM, para pajabat utama Polda Aceh, Kepala MUI.

Kapolda  mengatakan, gelar pasukan ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana dan prasarana Polri dan TNI beserta unsur tekait sebelum diterjunkan kelapangan.

“Sehingga saat aksi demonstrasi yang digelar, terkait tuntutan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), keamanan dan ketertibannya bisa terjaga,” katanya.

Kapolda menyampaikan bahwa bangsa Indonesia menganut sistem demokrasi Pancasila,  yaitu sistem demokrasi yang mengutamakan keinginan,   aspirasi  dan hati nurani rakyat.

“Penyampaian pendapat di muka umum merupakan salah satu hak asasi warga negara yang dijamin dengan  undang-undang,  hal  ini  merupakan salah satu ciri dari negara demokrasi.     namun hal ini tidak mutlak,  sebagai negara hukum tentu saja semua hal ada aturan hukumnya,” ujarnya.

To Top