Layanan Publik

Agar Berkompeten, Pemkab Abdya Tes Baca Al-Qur’an Kalangan Pejabat

ACEHTERKINI.COM | Menjadi seorang pejabat berkompeten tidak hanya terpaku pada urusan pemerintahan saja, akan tetapi juga termasuk dalam urusan keagamaan. Sehingga dalam bekerja, pejabat juga akan diimbangi dengan pemahaman yang kuat tentang ilmu Agama. Maka dari itu ratusan pejabat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) harus di tes uji mampu baca Al-Quran.

Hal itu disampaikan Bupati Abdya, Ir Jufri Hasanuddin MM, Senin (21/11/2016) dalam acara pembukaan tes uji mampu baca Al-Quran terhadap ratusan pejabat eselon II, III dan kepala sekolah di Kabupaten Abdya yang berlangsung di Masjid Pendopo Bupati setempat. Dimana, tes tersebut merupakan salah satu persyaratan menempati jabatan eselon pada Satuan Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru dibentuk.

Agar Berkompeten, Pemkab Abdya Tes Baca Al-Qur’an Kalangan Pejabat
Jufri Hasanuddin

Dikatakan Bupati Jufri, kegiatan itu merupakan wujud keseriusan Pemkab Abdya dalam memilih pejabat-pejabat yang berkompeten, tidak hanya dalam urusan pemerintahan saja, namun juga dalam konteks keagamaan.

“Para pejabat pemerintah merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan tugas dibidang kemasyarakatan maupun keagamaan, sudah seharusnya seorang pejabat bisa membaca, memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandungan dalam Alquran. Kita harapkan, Abdya akan lebih maju kedepannya,” harapnya.

Kebijakan tersebut memang cukup menarik dalam pengangkatan pejabat menempati jabatan pada SOTK atau perangkat daerah yang baru dibentuk. Pejabat dan calon pejabat yang akan mengisi jabatan eselon II dan III diberlakukan persyaratan harus lulus tes mampu baca Alquran.

Ketentuan ini bukan hanya diberlakukan kepada calon pejabat eselon II dan III pada SOTK atau perangkat daerah yang baru tahun 2017. Tapi juga kepada pejabat yang sedang menduduki jabatan eselon II dan III sekarang ini. Termasuk bila nantinya diangkat pada jabatan eselon tertentu.

Secara singkat, Asisten Pemerintahan, Drs M Hanafiah AK SH MM selaku Ketua Panitia Pelaksana, mengatakan, tidak hanya diuji mampu baca Alquran, para pejabat dimaksud juga dites mampu melaksanakan salat sesuai dengan ketentuan agama. Tes tersebut merupakan tindak lanjut dari surat edaran yang sudah diteruskan kesetiap satuan kerja perangkat kebupaten (SKPK), pada 24 oktober 2016 lalu, dengan Nomor :451/1333/2016, dan ditanda tangani langsung oleh Bupati Abdya.

Mereka yang diuji diantaranya, penjabat eselon II 32 orang, eeselon III.a 59 orang, dan  eselon III.b dengan jumlah 101 orang. Untuk  Kepala SMP 33 orang, Kepala SD 33 orang dan Kepala TK 108 orang dimana pelaksanaanya selama 4 hari berturut-turut.

Dalam kepanitian ditunjuk Koordinator Drs Thamrin (Plt Sekda Abdya) dan Ketua Panitia Pelaksana Drs HM Hanafiah AK SH MM (Asisten Pemerintahan). Wakil Ketua Drs Yafrizal (Asisten Administrasi Umum) dan Ir Syamsul Kamal (Asisten Pembangunan dan Kesra) serta Sekretaris Edi Daryanto SE (Kepala BKPP). Anggota ada Kepala Pendidikan Dayah, Kepala Dinas Syariat Islam, Kabag Pemerintahan dan Kabag Orpeg.

Sedangkan Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Abdya, Tgk Muhammad Dahlan dipercaya sebagai Ketua Dewan Hakim dan Wakil Ketua Dewan Hakim HM Najib Abdul Azis Sag. Anggota ada Tgk Azhar Hasan, Tgk Pilihan Bahar, Tgk Nyak Umar, Drs Tgk Said Firdaus, Ustad Roni Haldi Lc, Tgk Iskandar, Ustad Yulisman SAg, Tgk TR Kamaluddin dan Tgk Ruslan.

Penulis : Rizal

To Top