Sosial

Ada 462 Hektar Kawasan Kumuh di Banda Aceh

ACEHTERKINI.COM | Kepala Bappeda Kota Banda Aceh, Iskandar mengatakan, berdasarkan SK Wali Kota Banda Aceh Nomor 468 Tahun 2015 tentang Penetapan Lokasi Lingkungan Perumahan dan Permukiman Kumuh, saat ini terdapat 462,72 hektar kawasan permukiman kumuh sedang dan ringan yang tersebar di 22 titik di Banda Aceh.

Hal itu disampaikan Iskandar saat menerima draft Qanun Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh dari Kepala Satker Pengembangan Kawasan Pemukiman Provinsi Aceh, Syafril Tamsir di Grand Nanggroe Hotel, Kamis (17/11/2016).

Iskandar menjelaskan Kota Banda Aceh saat ini memiliki luas sebesar 61.359 hektar atau setara dengan 61,36 KM persegi.

“Penanganan permukiman kumuh memerlukan sinergi dan sinkronisasi lintas sektor baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah melalui SKPK terkait hingga ke tingkat gampong dan dusun. Rancangan qanun ini akan segera kita sampaikan kepada DPRK Banda Aceh dan semoga menjadi qanun prioritas untuk dapat dibahas oleh pihak eksekutif dan legislatif,” katanya.

Qanun ini, kata Iskandar merupakan amanat dari UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Urgensi qanun ini meliputi UU PKP, komitmen internasional, dan juga salah satu kewajiban pemerintah daerah sesuai semangat otonomi daerah sebagai dasar alokasi APBN keciptakaryaan. [Red]

To Top