Lingkungan

Abrasi Mengancam Keselamatan Warga Pesisir Abdya

ACEHTERKINI.COM | Abdya – Sejumlah pemukiman penduduk yang tinggal disepanjang pesisir pantai wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terancam akan ditelan ombak. Pasalnya, abrasi disepanjang pantai semakin mengganas, namun penanggulangannya hingga saat ini belum memberikan harapan keselamatan bagi pemukiman itu.

Abrasi Mengancam Keselamatan Warga Pesisir Abdya
[ ilustrasu ]

Pesisir Abdya telihat sangat rawan dengan bencana, dimana, ombak bisa mencapai 3-4 meter. Saat ombak itu pecah kedaratan, air lautan merusak sejumlah bibir pantai bahkan sejumlah warung milik warga dipinggir pantai ikut terseret. Malahan pasang dilautan juga sudah menjamah masuk ke kompleks pekarangan rumah-rumah penduduk.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya Amiruddin, yang dihubungi wartawan Jum’at (4/11/2016) mengatakan, akibat angin disertai hujan menambah parah abrasi yang melanda disepanjang pesisir Abdya. Karena belum dibangun tanggul pengaman yang lebih kuat yakni dengan menggunakan batu gajah, maka ombak dilautan terus merusak tanggul darurat yang dibuat dari karung pasir dan tancapan bambu. Bahkan akar pohon cemara juga tidak sanggup menahan derasnya hantaman ombak.

Maka dari itu, Amir mengaku telah mengusulkan perbaikan tanggul dengan batu gajah ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), agar abrasi di pesisir Abdya tidak semakin meluas.

Pembangunan tanggul tersebut, merupakan langkah tepat untuk mengatasi abrasi. Kondisi terparah, terjadi di Pantai Jilbab, Kecamatan Susoh. Dimana, lokasi itu mulai mengancam pemukiman penduduk sekitar. “Kita berharap pembangunan tanggul tersebut dapat segera direalisasi, karena hanya dengan batu gajah itu bisa menahan ganasnya gelombang pasang,” ungkap Amir.

Jika hal itu tidak segera ditanggulangi, bisa dipastikan abrasi semakin meluas dan bisa saja terjadi korban jiwa, karena ombak pasang dilautan itu sudah tidak menentu, yakni dengan bergantung pada cuaca. “Saat kita masih menunggu untuk dibangun tanggul itu, terutama untuk wilayah yang sangat parah,”harapnya.

Amatan dilapangan, abrasi gelombang pasang, sudah melanda sepanjang pesisir Abdya sejak beberapa bulan terakhir. Kondisi itu terlihat di sepanjang pantai Kecamatan Susoh, pesisir Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng, pesisir Ujung Tanah, Kecamatan Setia, pesisir Blang Padang Kecamatan Tangan-Tangan, Lama Muda, Kecamatan Kuala Batee dan sejumlah pesisir lainnya di daerah setempat.

Hantaman gelombang pasang, tidak hanya mengikis bibir pantai semata. Namun, pecahan ombak nyaris menyentuh pemukiman padat penduduk. Ombak terlihat bebas kebibir pantai pantai tanpa ada hambatan apapun. Sementara tanggul darurat yang dibangun BPBK beberapa waktu lalu juga ludes ditelan ombak. (Rizal)

To Top