Pendidikan

683 Siswa Ikut Ujian TPBI

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 683 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti ujian Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) di gedung Ruang Kuliah Umum Universitas Syiah Kuala (RKU Unsyiah), Minggu (27/11).

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsyiah, Dr Hizir mengatakan, ujian TBPI dilaksanakan secara serentak di semua kampus yang menggelar TPBI. Di Aceh ada empat kampus yang melaksanakan TPBI, yaitu Unsyiah, Unimal, UTU, dan Unsam.

Suaana Ujian TPBI siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di gedung Ruang Kuliah Umum Universitas Syiah Kuala (RKU Unsyiah), Minggu (27/11). [ Foto: Humas Unsyiah/acehterkini.com ]

Ia menjelaskan, seharusnya peserta ujian TPBI berjumlah total 689 orang. Mereka terbagi atas 599 peserta ujian IPA dan 90 peserta ujian IPS. Namun, ada peserta ujian yang tidak hadir, yaitu 4 orang dari peserta ujian kategori IPA dan 2 orang peserta ujian kategori IPS.

“Meskipun demikian, proses pelaksanaan ujian TPBI berjalan lancar. Peserta ujian TPBI adalah siswa SMA kelas 3 yang berasal dari berbagai daerah di provinsi Aceh,” sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia TPBI 2016, Ir Uzair MP menambahkan, jumlah peserta TPBI tahun 2016 relatif menurun. Menurutnya, nilai hasil TPBI nantinya akan diperuntukkan sebagai pedoman penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN).

“Ada nilai plus bagi mereka (peserta ujian) yang berhasil mendapatkan nilai terbaik pada ujian TPBI,” ujarnya.

Uzair melanjutkan, jumlah peserta TPBI tahun 2016 relatif menurun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal serupa juga terjadi di kampus-kampus lain yang mengadakan TPBI.

To Top