Peristiwa

33 Desa Di Aceh Singkil Terendam Banjir

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 33 desa dari 5 kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil terendam banjir. Banjir ini terjadi karena hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi melanda Aceh Singkil dalam beberapa hari terakhir ini.

33  Desa Di Aceh Singkil Terendam Banjir
Genangan Air di jalan raya penghubung antar Kecamatan Gunung Meriah dengan Kecamatan Singkohor dan Kuta Baharu, Aceh Singkil, Selasa (28/11/2016) [ EF/acehterkini.com ]

Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Singkil, Moch Ichsan mengatakan, ketinggian banjir yang menggenangi Kabupaten Aceh Singkil di sejumlah titik kisaran 30 sentimeter hingga 2,5 Meter.

Genangan air paling parah terjadi di beberapa tititik ruas jalan raya Subulussalam – Singkil, antara lain  di Desa Ujung Bawang Kecamatan Singkil, Desa Selatong Kecamatan Simpang Kanan, Desa Bulusema Kecamatan Suro, dan sempat membuat arus transportasi macet.

Sedangkan di jalan raya penghubung antar Kecamatan Gunung Meriah dengan Kecamatan Singkohor dan Kuta Baharu seperti di Dusun Handel Desa Rimo dan Desa Cingkam Kecamatan Gunung Meriah dengan ketinggian berkisar hingga 1,5 meter.

“Sampai sekarang dibeberapa titik masih belum surut dan sebahagian titik, air semakin naik,” ujar Ichsan,  Selasa (28/11/2016).

Ke 33 desa di 5 kecamatan dalam kabupaten Aceh Singkil Yaitu, Kecamatan Singkil sebanyak 16 Desa yang dihuni sekitar  5.296 keluarga atau sekitar 23.013 warga.

Di kecamatan Gunung Meriah ada sekitar 6 desa yangdihuni sekitar 374 kelauarga atau sekitar 1.535 orang warga.

Sedangkan di kecamatan Simpang Kanan sekitar 8 desa  yang dihuni oleh 390 keluarga atau  1.771 orang warga yang terkena banjir.

Selanjutnya di kecamatan Suro sejauh ini hanya satu desa yang terkena banjir dengan jumlah keluarga sebanyak
88 keluarga atau sebanyak 411 orang warga, dan yang terakhir di kecamatan
Singkil Utara sebanyak 2 desa yang dihuni oleh 294 keluarga atau sebanyak 1.191 warga.

Menurut Ichsan,  pemerintah daerah telah mendirikan dapur umum dibeberapa titik antara lain di Desa Siti Ambia dan Desa Ujung Bawang Kecamatan Singkil serta di
Desa Bulusema Kecamatan Suro.

Sedangkan mengenai bantuan logistik lanjutnya, akan segera disalurkan dan kemungkinan akan bersamaan dengan bantuan dari Pemerintah Aceh.

Pantauan, banjir yang melanda wilayah Aceh Singkil, dibeberapa titik sudah mulai surut, akan tetapi dibeberapa titik seperti dikecamatan Singkil, Singkil Utara dan Gunung Meriah beransur naik.

Sejauh ini,  warga sudah ada yang mengungsi ketempat famili, ada juga yang masih bertahan di rumah-rumah dikarenakan mereka khawatir kehilangan barang-barang berharga. Dan mereka yang bertahan adalah rata-rata yang memiliki rumah panggung.

Sedangkan, mengenai  warga korban banjir seperti didesa Bulusema kecamatan Suro, sejauh ini telah mengunsi keposko yang dibangun oleh pemerintah dikantor Camat Suro.[Jamaluddin]

To Top