Nasional

Yonif 113/Js Melaksanakan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke – 88

ACEHTERKINI.COM | Blang Keutumba – Batalyon Infanteri 113/Jaya Sakti melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-88 dengan Inspektur Upacara Pasi 1/Lidik Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat bertempat di Lapaangan upacara Markas Komando Batalyon Infanteri 113/JS. Jum’at (28/10/16).

[ Dok. Acehterkini ]

Upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-88 ini diikuti oleh seluru personel Yonif 113/JS yang berlangsung dengan khidmat, adapun makna dalam pelaksanaan upacara bendera ini yakni sumpah pemuda salah satu tonggak sejarah perjuangan bagi bangsa Indonesia, dengan adanya tiga butir penting sumpah pemuda yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu.

Sumpah pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia dilahirkan, proses kelahiran bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasan kolonial.

Kondisi ketertindasan inilah kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad melakukan perjuagan secara bersama-sama seluruh pemuda di pelosok negeri demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu 17 Agustus 1945, “Disamping itu sumpah pemuda mampu membangkitkan dan mengobarkan rasa nasionalisme terhadap NKRI,” kata Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat .

To Top