Sosial

TNI AD Terapkan Delapan Area Perubahan Reformasi Birokrasi di Kodam IM

ACEHTERKINI.COM | BANDA ACEH – Kepala Staf Kodam Iskandar Brigjen TNI Moch. Fachrudin, S.Sos membuka acara Monitoring dan Sosialisasi Program Reformasi Birokrasi TNI-AD Tahun 2016 di jajaran Kodam Iskandar Muda yang dilakasanakan di Balai Teuku Umar Makodam IM, Banda Aceh. Kamis (27/10).

Acara Monitoring dan Sosialisasi Program Reformasi Birokrasi TNI-AD Tahun 2016 di jajaran Kodam Iskandar Muda yang dilakasanakan di Balai Teuku Umar Makodam IM, Banda Aceh. Kamis (27/10). [ Dok. Acehterkini ]

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kasdam, Pangdam IM Mayjen TNI Tatang Sulaiman menyatakan bahwa reformasi birokrasi merupakan program nasional dan menyeluruh yang dilaksanakan secara terencana dan terukur guna mewujudkan profesionalisme aparatur pemerintah, hal itu diperlukan untuk mencegah penyalahgunaan jabatan atau kewenangan serta mendukung penyelenggaraan tugas-tugas birokrasi yang efektif dan efesien.

Selain itu, reformasi birokrasi menjadi agenda yang terus dilaksanakan di lingkungan TNI AD termasuk di jajaran Kodam Iskandar Muda. Reformasi birokrasi TNI Angkatan Darat pada dasarnya juga diarahkan untuk mewujudkan tata kelola organisasi yang baik, meliputi aspek struktur dan kultur yang merupakan bagian dari reformasi birokrasi nasional. Terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim Sosialisasi dan Monitoring Reformasi Birokrasi TNI-AD, Kolonel Cpm Isak Markus menyatakan bahwa kegiatan pencapaian sasaran reformasi birokrasi di lingkungan TNI AD sudah memasuki tahun pertama Road Map lima tahun kedua, ada delapan area yang perlu dilakukan pembenahan.

Disebutkan, reformasi birokrasi tersebut ditujukan untuk memberikan informasi serta data otentik, serta melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Tim pelaksana Reformasi Birokrasi di satuannya, tetap konsisten dan menajaga eksistensi sebagai Agent of Chang dalam menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik.

“personel yang terlibat dalam organisasi Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi Kotama BalakpusTNI AD, agar dapat memberikan informasi serta data otentik, serta melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Tim pelaksana Reformasi Birokrasi di satuannya,”  anjurnya.

Adapun kedepalan point tersebut, Pertama Organisasi, hasil yang diharapkan adalah organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran. Kedua, Tatalaksana, yakni sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efesien terukur dan sesuai dengan prinsip-prinsip good govermance. Ketiga, Peraturan Perundang-undangan, harapannya regulasi yang lebih tertib, tidak tumpang tindih. Keempat, Sumber Daya Manusia Aparatur,bhawa SDM aparatur yang berintegritas, netral, kompoten, capable, profesional, berkinerja tinggi dan sejahtera.

Kelima, Pengawasan, yaitu hasil yang diharapkan adalah meningkatnya penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Keenam, Akuntanbilitas, hasilnya bisa meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.

Ketujuh, Pelayanan Publik, pelayanan prima sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. Dan kedelapan, Mind set dan Culture Set Aparatur, bahwa Birorkrasi dengan integritas dan kinerja yang tinggi.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Irdam, Danrindam, Para Pa Ahli, Para Asisten, Kabalak, Para Dansat dan  Para peserta sosialisasi yang ditunjuk dilingkungan Satuan jajaran Kodam Iskandar Muda. Darma/ Dedi.

To Top