Sosial

Sambut HUT TNI, Kodim Abdya Sumbang 100 Kantong Darah

Sambut HUT TNI, Kodim Abdya Sumbang 100 Kantong Darah

ACEHTERKINI.COM | Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT-TNI) ke-71, Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) setempat menggelar donor darah yang akan disumbangkan untuk masyarakat.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Puji Hartono SIP, disela kegiatan tersebut, Selasa (4/10/2016) mengatakan, kegiatan donor darah ini dalam rangka memeriahkan HUT TNI Ke-71. Dimana, sejumlah personel TNI dijajaran Kodim 0110/Abdya, personel Polres Abdya, Pemerintah daerah dan sejumlah masyarakat dengan suka rela memberikan setetes darah demi menyelamatkan nyawa manusia yang sangat membutuhkan transfusi darah.

Kegiatan ini, lanjut Dandim Puji, bekerja sama dengan PMI Abdya yang dibantu oleh tim medis dari Rumah Sakit Umum Tengku Peukan (RSUTP) setempat. “Dalam kegiatan donor darah ini, kita menyumbangkan 100 kantong. Hal ini merupakan sebagai amal bhakti terhadap NKRI, darah yang disumbangkan tersebut akan sangat bermanfaat untuk masyarakat yang sedang membutuhkan,” sebutnya.

Selain Dandim Puji yang ikut mendonorkan darahnya, Kapolres  AKBP Hairajadi juga ikut donor darah, selain itu sejumlah perwira dijajaran Kodim dan Polres setempat juga tak ketinggalan untuk menyumbangkan darah mereka.

Terakhir Dandim Puji menambahkan, selain agenda donor darah, dalam rangka memperingati HUT TNI, Kodim setempat juga telah melaksanakan serangkaian kegiatan lainnya seperti lomba Tari Saman tingkat SMA se Abdya, lomba puisi termasuk lomba kicauan burung. “Untuk hari puncaknya, Kodim 0110/Abdya akan melaksanakan upacara gabungan dengan Kodim 0107/Aceh Selatan di Lapangan Naga, Tapaktuan,” jelas Dandim Puji.

Salah satu anggota PMI Kabupaten Abdya, Mustafa Kamal mengatakan, kegiatan donor darah tersebut merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya dilakukan saat menyambut HUT TNI, HUT RI bahkan kegiatan lainnya.

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun menjelang peringatan hari-hari besar, hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, terutama menjadi donor darah sukarela,” tuturnya.

Dikatakan Mustafa, menjadi donor darah harus memenuhi syarat antara lain, usia minimal 18 tahun, berat badan 45 Kg, kadar hemoglobin 12,5, tidak mengidap penyakit berat, dan tidak boleh bagi ibu pasca melahirkan atau sedang menyusui.

“Setiap acara ini digelar kita bisa memperoleh 20 sampai 30 kantong darah. Namun kali ini bisa mencapai 100 kantong darah dari pendonor, kita ucapkan terima kasih kepada para pendonor, semoga mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap agar dapat menambah minat bagi para personel TNI/Polri dan masyarakat lain untuk menjadi pendonor. Dikarenakan memang kebutuhan darah sangat diperlukan bagi yang membutuhkan. “Karena setetes darah kita bisa menyelamatkan nyawa orang lain,” demikian tuturnya.  (RiZal)

To Top