internasional

Putin Kerahkan Armada Perang Siap Guncang Eropa

ACEHTERKINI.COM | Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah meluncurkan kapal perangnya ke Laut Baltik dan melengkapinya dengan rudal jarak jauh yang paling mematikan.

Rudal dimaksud dapat mengguncang Eropa, sebagaimana dilaporkan Daily Express pada Kamis (27/10/2016) pagi WIB.

Putin Kerahkan Armada Perang Siap Guncang Eropa
Vladimir Putin, Presiden Rusia

Putin menggeser kapal perang dengan rudal canggih tersebut saat Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) bersiap mengirim ribuan tentaranya ke perbatasan dengan Rusia.

Dua kapal itu merupakan bagian dari sebuah armada dengan lima kapal. Tiga lainnya melintasi Laut Mediterania lalu mampir di Spanyol untuk mengisi bahan bakar sebelum menuju Suriah.

Namun demikian dua kapal pertama telah bergerak melewati Laut Utara, seterusnya ke Great Belt di sekiar Denmark lalu menuju Laut Baltik.

Diyakini bahwa dua kapal itu dalam perjalanan menuju Kaliningrad, sebuah enklav Rusia di Baltik, yang menjadi tujuan pengiriman rudal-rudal paling mematikan di kawasan.

Sebuah sumber kepada media Rusia mengatakan, dengan kemunculan dua kapal yang dipersenjatai rudal penjelajah jarak jauh itu akan secara signifikan memperluas panggung militer di Eropa utara.

Dylan White, pelaksana tugas juru bicara NATO, mengatakan, “Angkatan Laut NATO sedang memantau aktivitas tersebut di dekat perbatasan kami.”

Ben Nimmo menambahkan, “Penambahan rudal Kalibr akan meningkatkan jangkauan serangan lima kali lipat bukan hanya dari Armada Baltik, tapi dari pasukan Rusia di kawasan Balti.”

Nimmo adalah seorang analis pertahanan di Laboratorium Penelitian Forensik Digital (DFRL) Dewan Atlantik.

Menurut Nimmo, dua korvet kecil dengan dengan rudal berkemampuan nuklir modernnya, bakal sangat mengancam kawasan.

Armada berbahaya Rusia tersebut akan menerima lebih lanjut tiga kapal perang yang dipersenjatai rudal yang sama pada akhir 2020.

Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist mengatakan, apa yang dilakukan Putin itu sangat mengkhawatirkan.
“Hal ini akan berdampak terhadap semua negara di kawasan Baltik. Kami memiliki informasi dan mengikuti perkembangan, bahwa ada perubahan di wilayah kami,” katanya.

Sekutu NATO, termasuk Inggris, juga telah bersiap-siap menggeser kekuatannya ke perbatasan dengan Rusia.

Putin Kerahkan Armada Perang Siap Guncang Eropa
Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist mengatakan, langkah Presiden Rusia Vladimir Putin itu sangat mengkhawatirkan.

Hubungan Rusia dengan kawasan Baltic telah meningkat selama beberapa bulan terakhir karena Rusia mencoba untuk memamerkan kekuatan militernya.

NATO juga telah menempatkan kekuatannya di beberapa negara di kawasan Baltik dan Polandia. [ kompas.com ]

To Top