Pendidikan

Presentasikan Hasil Riset, Rumba Kirim Tiga Perwakilan di konfrensi Internasional

Presentasikan Hasil Riset, Rumba Kirim Tiga Perwakilan di konfrensi Internasional

ACEHTERKINI.COM | Rumoh Bahasa (Rumba), Banda Aceh mengirim tiga perwakilan sebagai speaker di konferensi Internasional, The 6th  Annual International Conference (AIC) in conjunction with the 12 thInternational Conference on Mathematics, Statistics and Their Application (ICMSA). Even Internasional ini dilaksanakan pada tanggal 4-6 Oktober 2016, bertempat di gedung AAC Dayan Dawood, Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh.

Tema yang diangkat membangun Aceh melalui ilmu pengetahuan, kemuliaan dan kesejahteraan (Building Aceh through science, dignity and prosperity). Lima keynote/invited speaker internasional berasal dari Canada, Australia, Thailand, Malaysia dan Indonesia memeriahkan event ini. Setidaknya 150 paper dipresentasikan pada event internasional ini berkaitan dengan isu-isu di bidang Sciences and Engineering, Life Sciences, Social Sciences, dan IMSA.

Tiga perwakilan Rumba yang menjadi speaker, Cut Aulia Maksum, M.Pd, Endah Annisa Rahma, M.Pd dan Dr. Iskandar Samad, MA. Di hadapan peserta konferensi mereka mempresentasikan tentang isu-isu terkini di bidang pengajaran Bahasa Inggris.

Cut Aulia menginvestigasi tipe-tipe pertanyaan yang sering diajukan guru untuk memotivasi siswa berinteraksi dalam Bahasa Inggris. “Saya menemukan beberapa tipe pertanyaan yang sering diajukan oleh guru kepada siswanya dengan tujuan memotivasi mereka untuk berbicara dengan temannya di dalam kelas” ucap Cut.

Sementara Endah mengemukakan cara guru mengoreksi kesalahan siswa dalam menulis. “kemampuan guru mengoreksi  kesalahan siswa sangat penting. Dengan kemampuan ini, siswa tidak merasa malu terhadap kesalahan yang dilakukan dalam proses penulisan”, ujarnya.

Kemampuan guru memotivasi siswa untuk terus memperdalam kemampuan berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris sangat diharapkan. Dengan kemampuan dua skill ini sangat membantu siswa untuk mendapatkan kesempatan bekerja dan study di luar negeri.

“Kemampuan menulis dan berbicara Bahasa Inggris dengan benar menjadi modal besar untuk meraih kesempatan emas seperti mendapatkan pekerjaan dan study lanjutan di luar negeri”, papar Dr Iskandar Samad, MA, Founder/CEO Rumba.

Peserta konferensi  Internasional ini mengapresiasi hasil riset yang dipaparkan oleh ketiga perwakilan Rumba. Banyak pertanyaan dan masukan dari audiens. Sekumpulan peserta jugamenjumpai mereka untuk berdiskusi lebih lanjut tentang temuan yang dipresentasikan.

Event internasional ini dilaksanakan setiap tahunnya. “Rumba akan mengirim lebih banyak lagi anggotanya untuk berpartisipasi di event yang sama pada tahun depan” tutup Iskandar. [Red]

To Top