Sosial

Polda Aceh Petakan 8 Daerah Sangat Rawan

ACEHTERKINI.COM | Kepolisian Daerah (Polda) Aceh memetakan ada delapan kabupaten kota yang dinilai sangat rawan terhadap konflik menjelang Pilkada 2017.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Kombes Pol. Goenawan mengatakan, ada delapan daerah dinilai sangat rawan, delapan daerah dikatagorikan rawan dan sisanya aman.

Polda Aceh Petakan 8 Kabupaten Kota Sangat Rawan Konflik Pilkada
Kombes Pol. Goenawan

“Sangat rawan konflik Pilkada itu ada di Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur dan Aceh Singkil,” kata Kombes Pol. Goenawan dalam diskusi publik terkait penegakan hukum Pilkada Aceh di Black Jack Cafe Premium, Rabu (12/10/2016).

Menurut Goenawan, daerah yang sangat rawan ini akan ditempatkan pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) empat orang setiap TPS. “Kita sudah mengidentifikasi ancaman kerawanan, kemudian kita petakan. Semua pasukan yang akan ditempatkan itu bertindak sangat humanis,” tutur Kadib Humas Polda Aceh.

Masih dikatakan Goenawan, kekuatan organik Polda Aceh 13.378 orang tidak mencukupi untuk mengcover semua tahapan Pilkada. Berdasarkan pertimbangan maka Polda Aceh meminta kekuatan Pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) sebanyak 1.900 orang dengan peralatan standar. Kemudian organik TNI dari Kodam Iskandar Muda juga akan dilibatkan 1/3 dari kekuatan organik Polda Aceh. [Red]

To Top