Sosial

Pertamina Bantu Gerobak Sirih Untuk Pedagang Samping Masjid Raya

ACEHTERKINI.COM | Pertamina menyerahkan 16 unit gerobak sirih untuk 16 pedagang sirih yang berjualan di pelataralan samping Masjid Raya Banda Aceh.

Marketing Branch Manager Pertamina Aceh, Gunawan Wibisono, Senin (17/10/2016) mengatakan, bantuan ini berasal dari CSR Perusahaan sebesar Rp115 juta.

Pertamina Bantu Gerobak Sirih Untuk Pedagang Samping Masjid Raya
Pertamina Bantu Gerobak Sirih untuk Pedagang Samping Masjid Raya

“Bantuan geribak sirih yang harganya sekitar Rp 7 juta per unit itu untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para pedagang sirih,” kata dia yang didampingi Asisten Keistimewaan Ekonomi dan Pembangunan Setdakota Banda Aceh, Ir Gusmeri MT, disaksikan, Kadinsosnaker Kota Banda Aceh Fadhil S Sos MM dan Kabag Ekonomi Setdakota Banda Aceh, Arei Maula Kafka S Sos.

Sementara itu Gusmeri mengatakan, para pedagang sirih ini memiliki nilai khusus bagi Kota Banda Aceh karena berperan sebagai pihak yang turut menjaga kelestarian budaya.

“Khususnya kebiasaan masyarakat Aceh yang sering makan sirih. Ini membantu memperkenalkan kepada generasi muda dan juga wisatawan bahwa sirih di Banda Aceh merupakan salah-satu bagian budaya Aceh yang saat ini sudah mulai pudar,” kata Gusmeri.

“Sirih ini menjadi bagian dari ungkapan Peumulia Jamee Adat geutanyo, sehingga dalam kebiasaan adat Aceh, setiap tamu yang hadir akan disuguhkan sirih sebagai penghargaan dan kemuliaan dari warga Aceh,” tambah Guemeri. [Ril]

To Top