Politik

Panwaslih Ajukan Rekom Tes Ulang Balon Bupati Fakruddin

Panwaslih Ajukan Rekom Tes Ulang Balon Bupati Fakruddin
Ketua KIP Abdya, Elfiza

ACEHTERKINI.COM | Bakal Calon (balon) Bupati Ir M Fakruddin telah direkomendasi oleh Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Barat Daya (Abdya), kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, untuk memberikan kesempatan melakukan tes kesehatan dan tes uji baca Alquran susulan.

Pasalnya, Fakhruddin, yang maju dari Partai Hanura, Golkar dan PBB itu, tidak sempat mengikuti Tes Kesehatan dan Uji Mampu Baca Al-Quran beberapa waktu lalu yang dilaksanakan oleh KIP Abdya karena sakit dan sedang menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Rekomendasi terhadap Fakruddin tersebut, tertuang dalam Surat Rekomendasi nomor 028/Panwaslih-Abdya/IX/2016 tanggal 4 Oktober 2016, yang dikeluarkan berdasarkan sejumlah pertimbangan, diantaranya, merujuk pada surat permohonan  dari tim pemenangan dan partai pengusung calon bupati/wakil bupati Fakhruddin/Sulaiman Adami nomor 09/RP/MF-SA/IX/2016 tanggal 26 September 2016, yang meminta jadwal ulang tes kesehatan dan tes uji mampu baca Alquran untuk Fakruddin.

Ketua Panwaslih Abdya Idris Shi kepada wartawan, Rabu (5/10/2016) mengatakan, hasil kunjungan Panwaslih Abdya tanggal 29 September 2016 lalu ke RSPAD Gatot Subroto, diketahui memang benar Balon Bupati Fakhruddin dirawat disana.

Hal tersebut didukung dengan hasil klarifikasi surat keterangan yang dikeluarkan oleh pusat kesehatan Angkatan Darat RS Kepresidenan Gatot Subroto nomor B-2309/IX/2016 tanggal 30 September 2016.

Kemudian juga ditambah dengan pendapat hukum Badan Pengawas Pemilihan-Republik Indonesia (Bawaslu-RI), nomor 0309/K.BAWASLU/HK.04.00/X/2016. Serta hasil rapat pleno Panwaslih Abdya tanggal 4 Oktober 2016 lalu. “Rekomendasi itu sudah kita kirimkan kepada KIP Abdya, untuk memberi kesempatan tes susulan terhadap Balon Bupati Fakruddin,” kata Idris.

Sementara itu, Ketua KIP Abdya, Elfiza SH MH, yang dihubungi wartawan secara terpisah membenarkan pihaknya sudah menerima rekomendasi dari Panwaslih, terkait tes kesehatan dan tes uji baca Alquran susulan, bagi balon bupati Fakhruddin.

Namun, serjauh sudah menerima rekomendasi itu, Elfiza bersama komisoner KIP lainnya, belum bisa memutuskan hal tersebut. Dimana, KIP akan melakukan pleno dulu, baru bisa mengambil sikap, tindakan apa yang harus dilaksanakan. “Masalah itu akan kita plenokan dulu,” tutur Elfiza singkat. (Rizal)

To Top