Sosial

Panwaslih Abdya Lantik 132 anggota PPL

Panwaslih Abdya Lantik 132 anggota PPL

ACEHTERKINI.COM | Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), melantik 132 anggota Panitia Pengawas Lapangan (PPL) yang tersebar di sejumlah desa dalam kabupaten setempat, masing-masing sebanyak 1 (satu) orang perdesa.

Devisi Organisasi dan SDM Panwaslih Abdya, Wildan SPdi, mengatakan, pelantikan sudah dimulai  sejak Sabtu (1/10/2016) lalu di Kecamatan Manggeng, selanjutnya pelantikan juga akan berlansung di Kecamatan Lembah Sabil, Senin (3/10/2016). Kemudian untuk tahap berikutnya, Selasa (4/10/2016), Panwaslih juga akan melantik sejumlah PPL di Kecamatan Tangan-Tangan dan Setia.

Selesai melantik PPL di Kecamatan Tangan-Tangan dan Setia, Panwaslih juga akan melantik anggota PPL di Kecamatan Jeumpa dan Susoh, kemudian disusul dengan Kecamatan Blangpidie.

“Kalau untuk Kecamatan Kuala Batee dan Babahrot masih menunggu tahap selanjutnya, yang jelas harus di bawah tanggal 5 Oktober 2016, karena saat itu sudah waktunya untuk melakukan verifikasi faktual terhadap sejumlah KTP dukungan yang sudah dilengkapi kembali oleh sejumlah Pasangan Bakal Calon Bupati yang maju melalui jalur Perseorangan (Independen),” kata Wildan.

Dikatakan Wildan, para PPL itu nanti akan membantu dalam mengawasi proses verifikasi faktual yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat desa.

“Anggota PPL ini nanti akan melakukan pengawasan saat PPK dan PPS turun ke desa melakukan verifikasi faktual,” ungkap Wildan.

Untuk itu, pihaknya berharap pelaksanaan Pilkada kedepan akan lancar dan aman tanpa ada hambatan apapun, sehingga tidak terjadi kecurangan dalam proses data pemilih di Abdya nanti.

“Harapan kita, Pilkada kedepan akan aman dan lancar, semoga saja tidak ada hambatan apapun,” demikian tuturnya.

Pasangan Balon yang sudah menyerahkan KTP untuk melengkapi kekurangan yakni Pasangan Balon Zainal Arifin-Said Azhari kekurangan sebanyak 192 KTP, kemudian Hasbi M Saleh-T Alamsyah Yusfa kekurangan 1218. Selanjutnya Pasangan Balon H Junaidi-Masrizal kekurangan 1600 KTP dan Tgk Muhammad Qudusi Syam Marfali-Burnisal kekurangan 1284 KTP.

Keempat Pasangan Balon tersebut sudah menyerahkan kembali KTP pendukung agar memenuhi syarat dukungan untuk maju melalui jalur independen harus memiliki 4423 KTP. (Rizal).

To Top