Layanan Publik

M Yani Jadi Kepala BKKBN Aceh

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Zaini Abdullah melantik M Yani. M.Kes. sebagai Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin (17/10/2016).

Gubernur Zaini mengatakan, kependudukan merupakan masalah serius karena dari tahun ke tahun  pertumbuhan penduduk Aceh cenderung meningkat.

“Sebagai gambaran, pada tahun 2005, jumlah penduduk di Aceh hanya 4,1 juta jiwa. Tapi pada tahun 2010, jumlah itu meningkat menjadi 4,49 juta jiwa, atau bertambah sebesar 2,32 persen per tahun dan pada tahun 2015 mencapai 5,001 juta jiwa. Bahkan untuk wilayah seperti Banda Aceh, Aceh Utara, Bireuen dan Aceh Barat, pertumbuhan penduduknya mencapai 5 sampai 7 persen, jauh lebih tinggi dibanding rata-rata nasional yang hanya 1,4 persen,” kata gubernur.

M Yani Jadi Kepala BKKBN Aceh
Gubernur Aceh, melantik M Yani sebagai Kepala BKKBN Aceh

Dengan situasi pertumbuhan ekonomi Aceh yang masih dalam proses transisi, Gubernur menyatakan idealnya Aceh harus dapat menekan pertumbuhan penduduk hingga mendekati satu  persen, sehingga proses pembinaan keluarga sejahtera bisa lebih fokus.

“Karena itulah, dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk menyukseskan Progam KB di Aceh karena masalah tersebut terkait dengan berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, pangan, lapangan pekerjaan dan sebagainya,” ungkap Gubernur. [Ril]

To Top