Sosial

Kontes Kopi Indonesia di Takengon Resmi Dibuka

ACEHTERKINI.COM | Kontes Kopi Spesialty Indonesia (KKSI) yang ke-8 di Takengon Aceh Tengah secara resmi dibuka oleh Bupati Aceh Tengah, Ir H Nasaruddin MM, Sabtu (22/10/2016).

Tahun ini Kabupaten Aceh Tengah dipercaya AEKI (Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia) sebagai tuan rumah pelaksanaan KKSI ke-8 setelah sebelumnya digelar di Denpasar Bali dan beberapa daerah di Indonesia.

Kontes Kopi Indonesia di Takengon Resmi Dibuka
Pembukaan Kontes Kopi Indonesia ke 8 di Takengon

“Sudah beberapa kali KKSI digelar, baru yang ke-8 diselenggarakan di Takengon. Jika yang ke-9 dan selanjutnya Aceh Tengah juga ditunjuk sebagai tuan rumah dari awal kami menyatakan kesediaan,” ujar Nasaruddin ketika membuka kegiatan KKSI di Resi Gudang kopi Paya Ilang.

Disebutkannya, Kabupaten Aceh Tengah merupakan daerah penghasil kopi Arabika utama di Indonesia dan sudah diekspor ke 17 negara termasuk Amerika Serikat sebagai negara importir terbesar kopi Arabika Gayo, disusul Jepang dan Korea Selatan.

“Saat ini kopi Arabika Gayo sudah masuk ke negara Uni Eropa, negara ini paling besar konsumen kopinya sudah 15 kg perkapita pertahun, ini satu peluang pasar cukup baik bagi kopi arabika Gayo,” katanya.

Diharapkan Nasaruddin, KKSI ke-8 di Aceh Tengah dapat menjadi babak baru bagi pengembangan dan memperkenalkan kopi Arabika Gayo kedepan lebih luas.

“Sebelumnya kopi Arabika Gayo mungkin hanya dikenal nama saja, hari ini peserta kontes bisa melihat langsung kebun kopi Arabika Gayo di Aceh Tengah dan dapat bertemu petani sekaligus melihat prossesingnya,” tambahnya.

Kontes Kopi Spesialty di Takengon diikuti ratusan peserta dari berbagai pelaku dan pencinta kopi, baik lokal maupun mancanegara serta menghadirkan tim juri dari berbagai negara, diantaranya Mr Shunta Baba (Jepang), Mrs Mirella Cielek (Jerman), Paul W De Haan (Belanda) dan Mrs Judith E Ganes (Amerika Serikat) yang juga merupakan pengamat harga kopi dunia. [Edi]

To Top