Peristiwa

Innalillahi, 38 Unit Rumah di Subulussalam Terbakar

Innalillahi, 38 Unit Rumah di Subulussalam Terbakar

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 38 Unit rumah milik warga dusun Makmur, Desa Suka Maju, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam terbakar, Senin (03/102016) sekitar Pukul  02.30 wib dini hari tadi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, akan tetapi kerugian materil mencapai miliaran rupiah.

Kapolres Aceh Singkil, AKBP Muhammad Ridwan.SIK mengatakan kronologis kejadian bermula diketahui dari warga Tuhu Maha (35), yang bersangkutan mendengar adanya teriakan dari belakang rumahnya, dan langsung bangun.

Begitu yang bersangkutan melihat ke belakang rumah, terlihat api sudah menyala dari arah dapur rumah milik  Lewat dan Tawar bahkan sudah sempat melalap dinding dapurnya.

Melihat api sedang menyala, Tuhu Maha langsung berlari dan berteriak untuk mengisyaratkan kepada warga lainnya yang pada saat itu dalam keadaan terlelap tidur.

Tdak lama kemudian warga pun berkumpul dan bersama-sama berusaha untuk memadamkan api dengan cara membobol dinding rumah dan menyiram rumah-rumah yang dekat dengan titik api.
Sedangkan warga yang lain nya juga membantu melakukan evakuasi barang-barang. Alhamdulillah, api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 03.40 wib.

Satu unit mobil pemadam sempat mengalami kerusakan mesin saat menuju lokasi. Selanjutnya, petugas pemadam kebakaran langsung menyiramkan air pada kayu-kayu sisa kebakaran yang masih terlihat berapi dan berasap.

Kapolres mengatakan tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Sedangkan korban materi sebanyak lebih kurang 38 unit rumah yang berkonstruksi kayu terbakar.

Kapolres Menyebutkan, jumlah rumah warga yang mengalami kebakaran sebanyak 38 Unit, degan rincian 17 unit rumah warga hangus terbakar hingga rata dengan tanah dan sebanyak tiga unit rumah warga mengalami kerusakan  yang cukup berat, sedangkan 16 unit rumah lagi mengalami rusak ringan.

“Perkiraan sementara, api diduga dari konsleting listrik, yang menyambar BBM jenis bensin yang disimpan oleh Lewat di dalam rumahnya dimana hal tersebut mengakibatkan api sangat cepat membesar dan melalap lantai dan dinding rumah yang terbuat dari kayu,” Jelas Kapolres.

Kapolres menambahkan, pasca insiden tersebut untuk sementara warga membuat tenda-tenda dan ada juga yang menumpang di rumah keluarganya.

“Pemerintah Kota Subulussalam dan termasuk para personil Polri  masih berada di lokasi kejadian guna melakukan pendataan dan membantu korban-korban kebakaran,” demikian AKBP Muhammad Ridwan. (Jamaluddin)

To Top