Sosial

Hasanuddin Terpilih sebagai Panglima Laot, Begini Pesan Kepala DKP Abdya

ACEHTERKINI.COM | Hasanuddin warga Kecamatan Susoh, terpilih sebagai Panglima Laot wilayah Aceh Barat Daya (Abdya). Dalam hasil voting suara, Hasanuddin mampu menggeser 3 kandidat lainnya dengan memperoleh 9 suara.

Sementara itu Daruddin yang sebelumnya merupakan Panglima Laot Abdya harus mengakhiri  masa jabatannya karena hanya mengantongi 3 suara. Kemudian kandidat lainnya seperti Amiruddin memperoleh 8 suara dan M Nur hanya memperoleh 2 suara dalam acara pemilihan Panglima Laot Abdya di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Abdya, Jumat  (14/10/2016) lalu.

Hasanuddin Terpilih sebagai Panglima Laot, Begini Pesan Kepala DKP Abdya
ilustrasi

Kepala DKP Abdya, Ir Muslim Hasan kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (17/10/2016) mengatakan, terpilihnya Hasanuddin sebagai Panglima Laot Abdya merupakan hasil pemilihan bersama  yang dilaksanakan di DKP Abdya. Dalam pemilihan itu, dihadiri 6 orang Panglima Lhok tingkat kecamatan dan 18 orang Panglima Teupin.

“Mereka yang hadir tersebut untuk menentukan Panglima Laot Abdya yang harus dipilih setiap 6 tahun sekali,” kata Muslim.

Dikatakan Muslim, Panglima Laot lama Daruddin sudah menjabat sejak tahun 2010 lalu, bahkan menurut informasi dari para nelayan diwilayah Abdya, Daruddin menjabat sebagai Panglima Laot sejak tahun 2000 silam. “Artinya, sekitar 16 tahun Daruddin telah ditunjuk sebagai Panglima Laot, yakni sebelum Kabupaten Abdya lahir,” tutur Muslim.

Muslim menjelaskan, Pemimpin hukum adat laot dalam masyarakat Aceh disebut Panglima Laot atau Abu Laot, Pengangkatannya dilakukan melalui suatu pemilihan dalam musyawarah. Jabatan ini bersifat profesional, calon yang dipilih dari kalangan pawang laot, yang tentu sangat berpengalaman dalam bidang kelautan.

Untuk menjadi panglima laot harus mengerti masalah-masalah adat laot, cara menangkap ikan, arif dan bijaksana, serta berwibawa.

Tugas dan tanggung jawab panglima laot, menggambarkan bahwa cukup berat dan penuh resiko. Apalagi dalam melaksanakan tugas tersebut, harus berhadapan dengan para nelayan, para pawang, atau para mereka yang umumnya beremosional tinggi.

Sementara, untuk melaksanakan itu, mereka mendapat imbalan yang tidak seberapa. Namun suasana yang berwibawa membuat jabatan ini dihormati.

 “Surat Keputusan untuk Hasanuddin sebagai Panglima Laot terpilih akan dikeluarkan oleh Bupati Abdya. Setelah SK itu dikeluarkan baru nanti akan dikukuhkan dan seterusnya untuk bertugas,” demikian sambung Muslim. (Rizal)

To Top