Politik

Gugur Tes Kesehatan, Balon Bupati Fakruddin diganti Adik Kandungnya, Mukhlis

ACEHTERKINI.COM | Ir M Fakruddin bakal calon (Balon)Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) usungan Partai Hanura, Golkar dan PBB dinyatakan gugur dalam tes kesehatan yang berlangsung di Rumah Sakit Umum Zainul Abidin (RSUZA) Banda Aceh pada tanggal 7-8 Oktober lalu.

Maka untuk meneruskan titah sebagai Balon Bupati, pihak partai pendukung mempercayakan kepada Mukhlis MS MA yang tak lain adalah adik kandung Fakruddin.

Selain Fakruddin yang mengikuti tes kesehatan, juga ada tiga balon wakil bupati pengganti diantaranya, Hj Syamsinar SPd pengganti Sulaiman Adami yang semula berpasangan dengan Fakruddin yang bernasib sama gugur dalam tes kesehatan.

Gugur Tes Kesehatan, Balon Bupati Fakruddin diganti Adik Kandungnya, Mukhlis
Ketua KIP Abdya, Elfiza SH

“Pasangan Balon Bupati Fakruddin-Sulaiman Adami diganti karena tidak lulus tes kesehatan,” kata Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya, Elfiza SH MH kepada wartawan, Senin (10/10/2016).

Meskipun demikian, pihak partai pengusung tidak patah semangat. Dimana, untuk mengisi kekosongan balon bupati itu, pihak partai telah bersepakat mengusung Mukhlis MS MA yang tak lain adik kandung Fakruddin. Begitu juga dengan balon wakilnya Sulaiman Adami diganti dengan Hj Syamsinar SPd yang tak lain merupakan istri dari Sulaiman Adami.

“Partai pengusung telah mengabari KIP Abdya kalau pengganti Fakruddin telah ditetapkan dan hari ini berkas tersebut diantarkan secara resmi ke KIP Abdya,” tuturnya.

Ditambahkan, serangkaian tes kesehatan dan uji mampu baca Alquran juga harus diikuti oleh Mukhlis MS MA, sama halnya dengan paslon lainnya. Namun, tahapan pelaksanaannya akan sedikit berbeda dengan paslon yang lain. Dimana, Mukhlis  terlebih dahulu harus mengikuti tes kesehatan di RSUZA Banda Aceh. “Yang berbeda hanyalah jadwal pelaksanaannya, sedangkan yang dites tetap sama,” terangnya.

Pihaknya berharap, kegiatan tes kesehatan dan uji mampu baca Alquran tersebut dapat selesai dalam pekan ini juga, sehingga tidak mengganggu proses penetapan calon sesuai dengan aturan PKPU. (Rizal)

To Top