Sosial

Gubernur Aceh Zaini Abdullah melantik Komisi Informasi Aceh (KIA)

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh Zaini Abdullah melantik lima Anggota Komisi Informasi Aceh (KIA) periode 2016-2020. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini berlangsung di Meuligoe Gubernur Aceh, Selasa (25/10/2016).

Gubernur Aceh Zaini Abdullah melantik Komisi Informasi Aceh (KIA)
Acara Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Anggota KIA yang berlangsung di Meuligoe Gubernur Aceh, Selasa (25/10/2016)

Kelima komisioner KIA yang dilantik yakni, Afrizal Tjoetra, Nurlaily Idrus, Yusran, Tasmiati Emsa, dan Hamdan Nurdin.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan, pasca dilantikanya komisioner KIA periode kedua–sejak dibentuk Juni 2012, diharapkan mampu mendorong dan memberikan hak-hak masyarakat berkaitan informasi publik.

“Jangan sampai ada masyarakat yang tidak mendapatkan informasi benar dan yang diperlukan,” kata gubernur.

Hak-hak publik mendapatkan informasi, lanjut gubernur, telah diatur dalam UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, yang menjamin hak warga negara untuk mengetahui informasi atau kebijakan yang berkualitas dari badan publik.

“Informasi juga dapat diperoleh oleh lembaga berbadan hukum, baik partai politik, lembaga swadaya masyarakat, maupun perorangan,” lanjut Zaini Abdullah.

Gubernur Zaini juga berharap semua badan publik saling bahu-membahu memberikan pelayanan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Selain itu, Zaini Abdullah juga memuji keberhasilan anggota Komisi Informasi Aceh periode sebelumnya. Dimana pada 2015, Aceh mendapatkan peringkat satu terbaik nasional dalam hal keterbukaan informasi publik. KIA, kata gubernur, cukup berperan menjadikan Pemerintah Aceh terbaik di tingkat nasional.

“Terima kasih atas dedikasi dan karya bakti selama ini. Semoga ini tetap bisa dipertahankan,” harap gubernur.

Prosesi pelantikan juga dihadiri beberap Kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA), Kepala Biro Sekretariat Daerah Aceh, dan perwakilan lembaga swadaya masyarakat di Aceh.

To Top