Layanan Publik

Fungsi Humas Pemerintah, Begini Kata Frans Dellian

ACEHTERKINI.COM | Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Aceh menggelar Rapat Koordinasi Kehumasan se-Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Senin (10/10/2016). Rakor yang di ikuti oleh humas dari Kabupaten / kota tersebut dibuka Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan, MM yang diwakili Kepala Biro Humas Setda Aceh, Frans Dellian.

Fungsi Humas Pemerintah, Begini Kata Frans Dellian
Frans Dellian

Frans Dellian mengatakan, ada empat hal yang menjadi cakupan fungsi pokok humas pemerintahan yaitu, mengkomunikasikan dengan baik segala kebijakan pemerintah, memberikan pelayanan dan menyebarluaskan informasi mengenai kebijakan Pemerintah.

Kemudian sebagai komunikator, sekaligus mediator yang proaktif, serta siap menampung aspirasi public, dan berperan serta dalam menciptakan iklim yang kondusif demi mengamankan stabilitas dan kelancaran program pemerintah.

“Untuk melaksanakan semua tugas tersebut, humas membutuhkan aparatur yang cerdas, komunikatif, teliti, tajam dalam menganalisa serta luwes dalam bergaul untuk menduduki jabatan sebagai humas,” kata Frans Dellian.

Selain itu, apartur humas juga harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang.

Ia mencontohkan, perkembangan media sosial seperti  seperti facebook, twitter, instagram dan sebagainya menjadi salah satu alternatif utama bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi di zaman sekarang.

“Saat ini banyak isu yang lebih dahulu berkembang di media sosial, baru kemudian menjadi marak dan diangkat oleh media sebagai berita utama,” ujar Dermawan.

Rapat Koordinasi ini dihadiri 70 peserta dari kabag Humas dan pejabat humas Pemerintah kabupaten kota se-Aceh. [Ril]

To Top