Sosial

Dandim Abdya Tegaskan TNI Netral dalam Pilkada

ACEHTERKINI.COM | Komandan Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) Letkol Inf Puji Hartono SIP, menyatakan dengan tegas bahwa TNI di jajaran Kodim setempat netral dan tidak memihak kepada calon kandidat manapun yang akan maju dalam Pilkada 2017 mendatang.

Dandim Abdya Tegaskan TNI Netral dalam Pilkada
Suasana acara Audiensi Kodim Abdya dengan para Calon Kandidat di Aula Kodim setempat, Kamis (27/10) [ Foto: Rizal ]

Hal itu ditegaskan Dandim Puji dalam acara Audiensi Netralitas TNI antara Kodim 0110/Abdya dengan 10 Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati di Abdya, yang berlansung di Aula Kodim setempat, Kamis (27/10/2016).

Dihadapan para calon kandidat, Dandim Puji Hartono menyampaikan, demi terwujudnya Pilkada terhormat, aman, nyaman dan damai, TNI berperan untuk membackup pihak Kepolisian dalam menjaga kemanan Pilkada di Abdya baik akan dimulai, saat berlansung dan hingga selesai. “Itu adalah komitmen dan kewajiban kita sebagai TNI termasuk pihak Kepolisian,” tuturnya.

Dikatakan Dandim Puji, TNI diperintahkan untuk mengadakan sosialisasi, komunikasi dan audiensi tentang netralitas TNI agar terlaksana Pilkada aman dan damai. Dimana, TNI ditegaskan untuk netral tidak memihak pada calon manapun.

“Seandainya ada anggota TNI berbuat tidak netral, atau secara terselubung terjun keranah politik, maka kami mintak masyarakat untuk melaporkan hal itu dan akan kita tindak sesuai kode etik,” tegasnya.

Untuk itu, Pihaknya berkomitmen bahwa mulai dari Kodam, Korem hingga Kodim, TNI sepenuhnya untuk memback up Polri dalam mengamankan Pilkada hingga selesai nantinya.

“Kami sepakat menjaga netralitas ini, karena merupakan sebuah hal yang mutlak. Maka dari itu para kandidat diajak untuk sama-sama menciptakan pilkada damai, tidak menciptakan ancaman atau intimidasi,” demikian tuturnya lebih lanjut.

Acara yang dilaksanakan Kodim 0110/Abdya itu juga turut dihadiri, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH, Kajari Abdya Abdur Kadir SH MH, Ketua KIP Abdya Elfiza SH MH dan Ketua Panwaslih Abdya Idris SHi, kemudian termasuk 10 pasangan kandidat di Abdya beserta dengan beberapa pendukungnya.

Sebelum berlansung audiensi dengan para Kandidat, secara singkat, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, mengatakan, kali ini sebuah keberuntungan untuk para kandidat di Abdya karena imcamben tidak maju lagi dalam Pilkada, dalam proses demokrasi ini, kita akan bersama-sama memantau agar terciptanya kepala daerah yang baru nantinya.

“Kata orang kalau incamben maju kembali paling tidak 30 persen sudah ada suara, tapi kali ini kita telah menyatakan bahwa tidak akan meju lagi, untuk itu kami berharap agar para Kandidat saling menjaga perdamaian agar Pilkada ini akan berjalan aman,” demikian singkatnya. (Rizal)

To Top