Layanan Publik

Blangko E-KTP di Banda Aceh Kosong

ACEHTERKINI.COM | Saat ini ketersediaan Blangko KTP Elektronik di Pemko Banda Aceh kosong. Untuk sementara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh mengeluarkan Surat Keterangan Pengganti KTP Elektronik dengan format Nasional.

“Saat ini blangko di Jakarta kosong, tapi masyarakat tidak perlu resah karena untuk sementara akan dikeluarkan Surat Keterangan Pengganti KTP Elektronik,” kata Asisten Bidang Pemerintahan Setdakota Banda Aceh, Bachtiar S Sos, Kamis (13/10/2016).

Blangko E-KTP di Banda Aceh Kosong

Kata Bachtiar, Surat Keterangan Pengganti KTP Elektronik memiliki fungsi yang sama dengan KTP Elektronik karena bisa juga digunakan untuk keperluan administrasi masyarakat di dalam berbagai bidang pelayanan.

“Hanya fisiknya saja yang beda, fungsinya sama karena juga bisa digunakan untuk semua kebutuhan administrasi, seperti administrasi pelayanan kesehatan, Perbankan dan kebutuhan lainnya,” tambah Bachtiar.

Pihak Kemendagri telah menyurati Lembaga dan Instansi yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat seperti BPJS, Rumah Sakit, Lembaga Keuangan dan Instansi lainnya terhadap kebijakan Surat Keterangan Pengganti E-KTP ini.

Lanjut Bachtiar, Surat Keterangan pengganti KTP Elektronik hanya bersifat sementara, karena ketika blangko sudah tersedia dan didistribusi dari Jakarta ke Banda Aceh, maka akan diganti kembali oleh Disdukcapil.

Kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman data E-KTP, Bachtiar menghibau segera mengurus ke Disdukcapil Kota Banda Aceh untuk segera dilakukan perekaman data. [Red]

To Top