Layanan Publik

Begini Suara Sirene Tsunami Aceh, Jangan Panik

ACEHTERKINI.COM | Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMGK) Aceh akan melakukan uji coba suara peringatan dini sirene tsunami setiap bulan tanggal 26 pukul 10.00 wib.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mata Ie Aceh Besar, Eridawati mengatakan, untuk mensosialisasikan kegiatan ini, BMKG juga melakukan siaran langsung interaktif di TVRI Aceh, Selasa (18/10/2016) pukul 14.30 – 16.00 wib acara BMKG menyapa.

Begini Suara Sirene Tsunami Aceh, Jangan Panik
Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mata Ie Aceh Besar, Eridawati

“Sirene tsunami yang dibunyikan setiap tanggal 26 ini sebagai monitoring agar peralatan dapat berfungsi dengan baik, jadi kita aktivasi sistemnya setiap bulan dengan terlebih dahulu mencabut kabel speakers atas,” kata Eridawati, Senin (17/10/2016).

Menurut Eridawati, ada enam lokasi yang akan dilakukan uji coba setiap bulannya, yaitu sirene yang ada di Kantor Gubernur Aceh, Desa Lam Awe, Kajhu, Blang Oi, Lhoknga dan Lampulo. Kemudian di Kabupaten Aceh Barat ada dua sistem.

“Jadi ini tes uji coba serentak seluruh sirene yang ada di Indonesia yaitu sebanyak 52 unit,” sambung Kepala BMKG Aceh, Fachrurazi.

Suara Sirene Tsunami Aceh 

Saat ini kata Eridawati, BMKG Aceh sedang melakukan koordinasi dengan BPBA untuk mensosialisasikan suara sirene tsunami ini ke masyarakat Aceh lebih luas dengan cara menghidupkan speaker luar dengan peningkatan volume secara bertahap.

“Kewenangan untuk membunyikan sirene tsunami itu adalah Pemda dalam hal ini BPBA Provinsi Aceh,” demikian Eridawati singkat. [Firman]

To Top