Peristiwa

Banjir di Aceh Jaya Semakin Parah

ACEHTERKINI.COM | Banjir yang kemarin, Senin (17/10/2016) melanda Kabupaten Aceh Barat, kini meluas ke Kecamatan Pasie Raya dan Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Selasa (18/10/2016). Karena ketinggian air sudah mencapai satu meter, arus lintas menuju Kabupaten Aceh Barat menjadi terganggu.

Kepala BPBD Aceh Jaya melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiap-siagaan bencana, Fajar Diharta mengatakan, banjir di Aceh Jaya sudah semakin parah sejak, Selasa (18/10/2016) sekitar pukul 02.00 dinihari tadi.

Banjir di Aceh Jaya Semakin Parah
Banjir di Gampong Baro, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya [Foto : Fajar]

“Ada lima kecamatan yang sangat parah, yaitu Kecamatan Teunom, Pasie Raya, Panga, Krueng Sabee dan Kecamatan Darul Hikmah. Jumlah pengungsi masih dalam proses pendataan, saat ini yang sudah terkepung itu masyarakat di Kecamatan Pasie Raya,” kata Fajar Diharta.

Jumlah pengungsi di Kecamatan Teunom sudah terdata, meliputi Desa Pasie Pawang 89 KK, Desa Blang Baro 140 KK, Desa Pasie Gelima 118 KK, Desa Tanoh Anoe 125 KK, Desa Gampong Baro 114 KK, Desa Rambong Payong 119 KK, Desa Padang Kleng 270 KK, Desa Alue Ambang 305 KK, Desa Keudee Teunom 83 KK, Desa Panton 136 KK, Desa Pasie Tolak Bala 76 KK, Desa Tanoh Manyang 70 KK, Desa Pasie Timon 130 KK, Desa Paya Baro 74 KK.

“Ini data dari masing-masing kepala desa yang baru diterima pukul 10.00 wib pagi tadi. Semuanya yang mengungsi ada 5.265 jiwa masyarakat di Kecamatan Teunom,” kata Fajar.

BPBD Aceh Jaya menghimbau warga selalu waspada dan berhati-hati. Kondisi saat ini masih terus diguyur hujan. “Semua pihak dari TNI Polri, BPBD dan anggota RAPI terus bekerja mengevakuasi korban banjir,” kata Fajar.

Kondisi arus lalu lintas menuju Kabupaten Aceh Barat kata Fajar macet total. “Hanya truck berbadan besar yang bisa melintas di Kecamatan Teunom. Sementara untuk lintas Calang – Banda Aceh masih normal walaupun ada beberapa titik terjadi longsor,” demikian Fajar Diharta. [Firman]

To Top