Layanan Publik

Amankan Pilkada Polres Abdya Mantapkan Pasukan

ACEHTERKINI.COM | Dalam rangka pelaksanaan tugas pengamanan Pilkada yang akan bergulir tahun 2017 mendatang. Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Rencong yang juga diselenggarakan seluruh instansi kepolisian di provinsi Aceh.

Amankan Pilkada Polres Abdya Mantapkan Pasukan
Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH menyematkan pita kepada personel subdunepom Blangpidie dalam rangka apel gelar pasukan operasi mantap praja rencong 2017 di Lapangan Pulau Kayu, Susoh, Rabu (26/10). [ Foto: Rizal ]

Apel gelar pasukan yang berlansung di Lapangan Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, Rabu (26/10/2016) itu, dipimpin lansung Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH yang juga turut dihadiri Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Puji Hartono SIP dan perwakilan Kejari Abdya Firmansyah Siregar SH. Kemudian ditengah berlansungnya apel tersebut juga turut dihadiri sejumlah Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju dalam Pilkada nanti.

Ditengah cuaca yang cerah, Kapolsek Susoh, AKP Erjan Dasmi bertindak sebagai komandan apel dengan melibatkan sejumlah peserta apel dari Subdenpom/2-4 Blangpidie, Kodim, Satuan Brimob, Shabara, Sabhara Dhalmas/PPH, Satlantas, Gabungan Staf Polres, Gabungan Staf Polsek, Gabungan Intel/Reskrim/Narkoba, selanjutnya juga melibatkan Satpol PP, Dishubkominfo/LLAJ, BPBK, Satgas SAR, Senkom, RAPI, PPK dan Panwaslihcam.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH, menyampaikan amanat dari Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Rio S Djambak. Dimana, dalam pelaksanaan tugas dilapangan nanti, Polda Aceh akan melibatkan 11.125 pesonel Polri, dengan tambahan kekuatan sebanyak 20.100 personel Linmas dan sejumlah personel TNI, dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak 2017 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur di 23 Kabupaten/Kota. Kemudian pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati untuk 16 Kabupaten serta pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk 4 Kota Madya.

Dalam amanat itu, juga diingatkan kepada jajaran khususnya TNI/Polri untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak. Minimalisir segala tindakan kontra produktif yang justru dapat mencederai nilai-nilai demokrasi dan menurunkan citra aparat pemerintah dimata masyarakat.

“Perlu kita cermati, bahwa pelaksanaan pilkada serentak ini nanti terdapat berbagai potensi kerawanan, yang memerlukan perhatian serius dari semua unsur terkait, agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, yang dapat menghambat kelancaran penyelenggaraan pilkada ini nanti,” tutur Kapolres dalam amanat Kapolda Aceh.

Disampaikan juga, mari berkaca pada pelaksanaan Pilkada tahun 2012 silam, dimana masih terdapat kerusuhan sosial seperti pengrusakan kantor KIP, pembakaran kantor Timses, pelemparan granat ke posko calon, kampanye hitam, disertai isu-isu sara, praktik money politic, maupun intimidasi terhadap penyelenggaraan Pilkada itu sendiri.

“Untuk itu, khusunya kepada Kasatwil jajaran agar dapat mencermati hasil evaluasi pilkada tahun 2012 tersebut agar tidak terulang kembali, sehingga segala kekurangan dan kelemahan pada pengamanan Pilkada dapat diperbaiki,” demikian paparnya. (Rizal)

To Top