Nasional

Aceh Siap Jadi Tuan Rumah POSPENAS VIII Tahun 2019

ACEHTERKINI.COM | Provinsi Aceh menyatakan diri siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantrenn Nasional (POSPENAS) ke VIII pada Tahun 2019.

Kesiapan ini disampaikan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh yang wakili oleh Kasi Olahraga Usia Dini Pelajar & Mahasiswa Muksalmina. S. Pd dan Kanwil Kemenag Aceh dalam Hal ini diwakili oleh Kabid PD Pontren H. Abrar Zym, S.Ag dalam Rapat Kooordinasi Nasional (Rakornas) Peningkatan Kualitas Pospenas kerjasama Menko PMK, Kementerian Agama dan Kemenpora yang di hadiri oleh Perwakilan Kanwil Kemenag dan Dispora dari masing-masing Provinsi se Indonesia di Hotel Le Dian Kota Serang Banten , Rabu,26/20/2016.

“ Dalam rapat RAKORNAS tersebut yang pertama dilakukan Evaluasi terhadap pelaksanaan Pospenas ke VII di Banten, secara keseluruhan pelaksanaan di Banten hampir bagus dari sebelumnya karena ada tambahan fasilitas dari Pemda setempat baik transportasi maupun akomodasi” Ujar Muksalmina.

Selain itu, ia mengatakan dalam rakor tersebut juga di bahas siapa yang mau mengajukan tuan rumah untuk pelaksanaan Pospenas ke VIII Tahun 2019.

“Kami mewakili Pemerintah Aceh dalam hal ini Dispora dan Kanwil kemenag Aceh yang di wakili oleh Kabid PD Pontren menyatakan Aceh siap menjadi tuan Rumahh POSPENAS ke VIII Tahun 2019, tentu sebelum kami mengutarakan usulan ini, kami telah melakukan komunikasi dengan pimpinan kami baik saya maupun pak Abrar Zym di Kanwil Kemenag” Lanjut Muksalmina.

Adapun yang melatarbelakangi Aceh dalam pengusuluan menjadi tuan rumah adalah yang pertama Aceh merupakan Daerah yang melaksanakan Syariat Islam, Aceh memiliki Pondok Pesantren dan santri dalam jumlah yang banyak.

Aceh Siap Jadi Tuan Rumah POSPENAS VIII Tahun 2019
[ Dok. Acehterkini ]

“ Sebenarnya Aceh pantas tuan rumah pertama karena Aceh syariat Islam dan juga memiliki santri yang banyak, sepulang dari disini kita akan langsung menghadap Pimpinan masing-masing baik Dispora maupun kanwil Kemenag Aceh kemudian membuat telaah Staf untuk menghadap Gubernur”

Dalam rakor tersebut, selain Aceh, juga muncul Provinsi Sulawesi Selatan yang mengusulkan untuk menjadi tuan rumah, Namun hasilnya akan ada setelah pembahasan lebih lanjut pada level Kementerian yang menjadi pelaksana Pospenas itu sendiri.

“”Mohon doanya, agar santri seluruh Indonesia bisa berkumpul di Aceh nantinya, kami akan terus berusaha dan menyampaikan kepada Gubernur Aceh, DPR aceh, Dinas Syariat Islam, Dinas Pendiidkan dan instansi lainnya dalam hal keseriusan Aceh tehadap kesiapan menjadi tuan Rumah POSPENAS ke VIII ” harap H. Abrar Zym, Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Aceh.

Ia juga mengatakan bahwa dari dulu kita memohon Even Nasional di Kementerian Agama untuk dilaksanakan di Aceh sejak Musabaqah Qiratul kutub, namun kita gagal , kemudian Perkemahan Pramuka Santri Nusantara PPSN), ini sudah kita usul lagi untuk Tahun 2018 lalu Pospenas ini, mudah-mudahan Aceh ditetapkan jadi tuan rumah, karena Even Nasional Kementerian Agama belum pernah dilaksanakan di Aceh” Lanjut Abrar Zym.

To Top