Sosial

4 Kandidat Pengganti di Abdya Tes Uji Mampu Baca Alquran

ACEHTERKINI.COM | Satu Bakal Calon (Balon) Bupati dan tiga Balon Wakil Bupati Pengganti mengikuti Tes Uji Mampu Baca Al-Quran di Aula Kantor Komisi Indpenden Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (12/10/2016) sekitar pukul 15.00 WIB hingga sore.

4 Kandidat Pengganti di Abdya Tes Uji Mampu Baca Alquran
Syamsinar, Salah Satu Balon Wakil Bupati Abdya Sedang Membaca Al Quran di Kantor KIP setempat

Para balon pengganti tes uji mampu baca Al-Quran itu diantaranya, Mukhlis MS MA pengganti dari balon bupati Ir M. Fakruddin yang tak lain merupakan abang kandungnya sendiri. Sementara untuk pasangannya diganti olah Hj Syamsinar yang tak lain adalah istri dari H Sulaiman Adami SP pasangan dari Fakruddin. Dimana pasangan itu diusung oleh Partai Hanura, Golkar dan PBB.

Kemudian dalam uji tes mampu baca Al-Quran itu juga diikuti oleh kandidat wakil bupati pengganti yang maju dari jalur indpenden (perseorangan) seperti Hamdani pengganti dari Burnisal pasangan dari Tgk H M Qudusi Syam Marfali.

Kemudian Edwar Rahman pengganti Masrizal yang merupakan pasangan dari H Junaidi. Seperti yang diinformasikan bahwa kedua kandidat wakil bupati tersebut (Burnisal dan Masrizal) gugur dalam tes kesehatan yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Zainul Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Sebelum para kandidat itu diuji, Said Maskur selaku pokja sosialisasi KIP Abdya, dihadapan para kandidat pengganti dan para pendukungnya mengatakan, dalam tes uji mampu baca Al-Quran ini, tim penguji dihadirkan dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Lembaga Pengembangan Tilawatil Qu’ran (LPTQ) dan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Abdya.

 “yang dinilai ada tiga unsur, yaitu Tajwid, Fasahah dan adab, dengan jumlah nilai keseluruhan seratus. Disamping itu waktu yang diberikan kepada masing-masing kandidat yakni 15 menit untuk menyelesaikan bacaan ayat yang sudah ditentukan dewan juri,”kata Maskur.

Disampingitu pihaknya berharap pelaksaan Pilkada di Abdya akan berjalan dengan aman dan lancar. Dalam tes uji baca Al-Quran ini, dewan juri  tidak ada tebang pilih semua akan dinilai secara adil dan netral. “Untuk hasilnya akan diumumkan nanti, setelah dewan juri menyerahkan kepada kita,” demikian tuturnya.

Amatan dilapangan, dalam tes uji mampu baca Al-Quran itu juga tampak hadir H Sulaiman Adami yang ikut mendampingi istrinya Hj Syamsinar untuk mengikuti uji mampu baca Al-Quran. Sementara itu, juga turut dihadiri oleh para pendukung masing-masing kandidat lainnya. (Rizal)

To Top