Lingkungan

Warga Julok Aceh Timur Ancam Tutup Galian C Ilegal

ACEHTERKINI.COM | Masyarakat Julok dan Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur menyatakan sikapnya menolak penambangan galian C ilegal yang sudah lama beroperasi dalam wilayah tersebut.

Penyataan itu disampaikan Safaruddin dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) selaku kuasa hukum warga setempat.

Dalam keterangannya, Safaruddin Kamis (22/9/2016) menjelaskan, warga Julok dan Indra Makmur meminta agar Pemerintah Kabupaten Aceh Timur menghentikan aktifitas penambangan galian C secara ilegal tersebut.

Warga Julok Aceh Timur Ancam Tutup Galian C Ilegal
Warga Julok, Aceh Timur membagi-bagikan pernyataan sikap menolak aktifitas galian C [ist]

Menurut warga, aktifitas itu telah merusak lingkungan hidup dan menganggu kenyamanan pengguna jalan umum di Kecamatan Julok dan Indra Makmur.

“Masalah ini sudah disampaikan ke Pemkab Aceh Timur, tapi tidak pernah direspon, malah penambangan semakin menjadi-jadi dan kondisi alam sudah semakin rusak,” kata Safaruddin mengutip keluhan dari warga setempat.

Masih kata Safaruddin, jika pemerintah tidak merespon pernyataan ini maka masyarakat sendiri yang akan menghentikan aktiftas penambangan galian C ilegal tersebut. “Warga kasih waktu sampai dua minggu, sejak pernyataan ini dikeluarkan,” demikian Safaruddin, YARA. [Red]

To Top