Sosial

Unsyiah Kembangkan Pusat Studi Kebencanaan

Unsyiah Kembangkan Pusat Studi Kebencanaan

ACEHTERKINI.COM | Universitas Syiah Kuala melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) atau Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana berkomitmen untuk mengembangkan pusat studi kebencanaan.

Hal itu disampaikan Ketua UPT Mitigasi Bencana Unsyiah, Dr. Khairul Munadi, ST., M.Eng dalam Workshop Penguatan Riset Tsunami Indonesia yang dilaksanakan di auditorium FKIP Unsyiah, Rabu (28/9/2016).

Ketua UPT TDMRC Unsyiah mengatakan, tahun 2016 ini Unsyiah telah menunjukkan komitmennya untuk membangun pusat studi kebencanaan. Sebab saat ini, status TDMRC Unsyiah tidak lagi sebatas pusat penelitian tapi sudah menjadi UPT.

“Sebelumnya pada tahun 2015 TDRMC Unsyiah juga telah ditetapkan  sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia,” kata Khairul.

Menurutnya, tanggung jawab yang diemban UPT Mitigasi bencana kini menjadi lebih besar. Ia harus mampu memperkuat kapasitas kebencanaan, baik di tingkat universitas maupun di daerah untuk mempertahankan prestasi Unsyiah dalam upaya pengurangan resiko bencana,” jelas Khairul.

“Disamping itu, pengelolaan bencana bukan sekedar melibatkan satu disiplin ilmu, tapi berkaitan dengan multidisiplin ilmu. Oleh karena itu, saya  mengajak para peneliti dan masyarakat untuk bersama-sama bersinergi memperkuat peran TDMRC Unsyiah sebagai pusat studi bencana yang bermanfaat bagi dunia,”pungkasnya. [Edi]

To Top